get app
inews
Aa Read Next : Inilah 5 Kulit Buah yang Membuat Kulit Glowing, Berikut Cara Memanfaatkannya

Inilah 5 Penyebab Wajah Terlihat Boros atau Tua, Nomor 5 Tidak Disangka!

Senin, 14 November 2022 | 06:55 WIB
header img
Penyebab wajah terlihat boros atau tua, simak penjelasan berikut ini. Foto ilustrasi: Freepik/nakaridore

DEPOK, iNewsDepok.id - Setiap perempuan tentunya ingin selalu terlihat awet muda, tetapi tanpa disadari ada 5 hal yang menjadi penyebab wajah terlihat boros atau tua.

Untuk tetap terlihat awet muda, tentunya perempuan harus melakukan perawatan, baik perawatan dari dalam tubuh maupun perawatan dari dalam tubuh.

Perawatan dari dalam seperti menjalani gaya hidup sehat seperti pola makan dan berolahraga, sementara perawatan dari luar seperti penggunaan skincare dan treatment kecantikan lainnya.

Tetapi ternyata perawatan saja tidak cukup. Perempuan sebaiknya menghindari beberapa hal berikut ini agar wajah selalu terlihat muda, fresh, tidak boros dan bercahaya.

Berikut 5 penyebab wajah terlihat boros atau tua, seperti dikutip dari Every Day Health, pada Senin (14/11/2022):

  1. Kurang tidur

Tidur itu penting baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Jika kurang tidur, proses pembaharuan pada kulit menajdi menurun. Kurang tidur dapat terlihat di wajah seiring waktu.

Sebuah studi yang diterbitkan pada Januari 2015 di Clinical and Experimental Dermatology, memperlihatkan orang yang kurang tidur akan meningkatkan tanda-tanda penuaan, fungsi penghalang kulit yang lebih buruk, dan kepuasan yang lebih rendah dengan penampilan.

  1. Sering stres

Jika seseorang stres, tubuh akan memompa hormon stres tanpa henti. Hal ini akan menyebabkan penuaan dini. Tak hanya pada kesehatan, stres juga mempengaruhi pada penampilan wajah.

“Kortisol , hormon stres utama, memecah kolagen, yang menyebabkan kulit kendur dan keriput serta menyebabkan peradangan,” ujar Amy Wechsler, MD , dokter kulit dan psikiater asal New York City, Amerika Serikat.

  1. Tidak menggunakan tabir surya

Beberapa perempuan hanya mengandalkan kosmetik yang mengandung tabir surya. Padahal itu tak cukup melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet (UV).

Efek buruk sinar UV akan menimbulkan garis halus, bintik cokelat, pembesaran pori-pori dan kerutan pada wajah. Seharusnya, gunakan tabir surya yang memang khusus berfungsi untuk melindungi wajah dari sinar UV.

  1. Menggosok mata

Kantung mata adalah bagian dari proses penuaan alami dan terjadi saat otot pada bagian mata melemah. Jika sesekali dilakukan mungkin tak masalah. Namun jika sering terjadi dan berulang terus menerus, dapat meningkatkan peradangan dia rea tersebut.

“Menggosok mata secara terus-menerus dapat memengaruhi garis di sekitar mata Anda,” ujar Tanya Nino, MD, dokter kulit asal California, Amerika Serikat.

  1. Minum dengan sedotan

Tak disangka ternyata hal remeh minum dengan sedotan juga dapat membuat kulit tampak lebih tua. Pasalnya, saat menyeruput sedotan otot-otot di sekitar bibir akan aktif.

"Semakin kita mengaktifkan otot-otot itu, semakin besar kemungkinan kita mendapatkan lipatan di kulit," dikutip dari Every Day Health.

Untuk alasan yang sama, kebiasaan merokok yang dilakukan perokok juga membuat seseorang tampak lebih tua.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut