get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi Meninjau RS Konawe: Bangga Atas Pecapaian Kepala Daerah

Delegasi KTT G20 di Bali Akan Lewat Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai, Diresmikan Jokowi

Kamis, 10 November 2022 | 10:35 WIB
header img
Presiden Jokowi Resmikan Terminal VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Untuk Menyambut Delegasi Negara KTT G20. Foto: Dok Kementrian PUPR

JAKARTA, iNewsDepok.id - Presiden Joko Widodo telah meresmikan terminal VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Terminal yang diberi nama Bhawana Sanggraha, kedepannya akan dikhususkan untuk menyambut para delegasi dari tiap-tiap Negara KTT G20.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, dan memohon ridho Allah SWT, sore hari ini saya resmikan gedung VVIP Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai," kata Presiden Jokowi

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, berterimakasih kepada kontraktor yang sudah bertanggung jawab dalam menyelesaikan pembangunan bandara tepat waktu.

Meski begitu, Mentri PUPR menilai masih banyak tambahan furniture yang dibutuhkan untuk menambah kesan estetik pada terminal VVIP tersebut.

"Secara keseluruhan sudah Oke, Terima kasih. Hanya sedikit tambahan-tambahan pada furniture," kata Basuki, pada pernyataan tertulisnya, Kamis (10/11/2022).

Pembangunan terminal VVIP Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai dimulai sejak tanggal 14 Maret 2022, dengan menekan anggaran sebesar Rp 50,9 miliar.

Pembangunan terminal VVIP Bandara Ngurah Rai dilaksanakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya dibawah tanggung jawab Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bali, Ditjen Cipta Karya, Kementrian PUPR.

Bangunan terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai memiliki luas 1.713 meter persegi di atas lahan milik PT Angkasa Pura I. Bangunan gedung didesain dengan memadukan arsitektur kolonial dan ornamen kearifan lokal Bali.  

Konsep ini dipadukan dengan kerajinan khas Bali yang menghiasi bagian interior bangunan, seperti lukisan kamasan dan ukiran astalla padma bhuana pada bagian plafond utama, ukiran Bali utara dan Singa Ambara Raja pada pintu masuk utara (Gumendung). 

Menteri PUPR juga mengapresiasi seluruh pihak yang telah mendukung pembangunan terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai. Khususnya pada kontraktor yang bekerja siang dan malam untuk mempercepat penyelesaian dalam waktu sejak Maret 2022.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut