Russia Makin Menakutkan, Kapal Selam Nuklir Barunya Sanggup Luncurkan 16 Rudal Nuklir

Benedict J. C. Pietersz
.
Selasa, 08 November 2022 | 07:30 WIB
K-553 Generalissimo Suvorov berbobot 24.000 ton, mencapai kecepatan 29 knot (sekitar 54 km per jam), bisa menyelam hingga 450 meter dan membawa awak 107 orang. Foto: Navy Recognition

JAKARTA, iNewsDepok.id - Kapal selam nuklir strategis baru Rusia, Generalissimo Suvorov, hampir siap untuk angkatan laut negara itu, kata produsen kapal di perusahaan pembuatan kapal Sevmash di Severodvinsk pada Senin (7/11/2022).

“Generalissimo Suvorov telah menyelesaikan semua tahapan pengujian dengan melakukan beberapa perjalanan ke laut. Sistem kapal telah diuji dalam berbagai mode,” kata CEO Sevmash, Mikhail Budnichenko, seperti dikutip dari Russia Today.

Sebelum Angkatan Laut Rusia mendapatkan kapal selam baru, serangkaian kegiatan perlu dilakukan di atas kapal, termasuk revisi mekanisme, finishing interior, dan pemuatan peralatan, katanya.

Pekan lalu, Generalissimo Suvorov berhasil menguji coba rudal balistik yang diluncurkan kapal selam kelas Bulava, mengenai sasaran di tempat latihan di timur jauh Semenanjung Kamchatka dari Laut Putih. Peluncuran dilakukan di bawah air.

K-553 Generalissimo Suvorov adalah kapal keenam dari kapal selam rudal balistik generasi ke-4 Rusia dan kapal produksi massal kedua di kelas Borei-A yang ditingkatkan. Kapal selam kelas ini dapat membawa hingga 16 rudal Bulava berkemampuan nuklir.

Kapal itu dinamai Alexander Suvorov, seorang jenderal abad ke-18 yang dianggap sebagai salah satu komandan militer paling menonjol dalam sejarah negara itu.

Angkatan Laut Rusia mendapatkan kapal selam baru di tengah meningkatnya ketegangan dengan AS dan sekutunya atas konflik di Ukraina. Akhir bulan lalu, baik Rusia dan NATO mengadakan latihan serangan nuklir, dengan keduanya mengklaim bahwa latihan itu rutin dan tidak ada hubungannya dengan kejadian terkini.

 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini