get app
inews
Aa
Read Next : Ukraina Minta Jerman Kirim Kapal Selam Tempur U-Boat, Jubir Kremlin: NATO Terlibat Konflik

Mengenal Super Sub Kapal Selam Mewah dari Belanda, Ini Keunggulannya

Sabtu, 26 November 2022 | 06:26 WIB
header img
Super Sub kapal selam mewah asal Belanda. Foto: U-Boat Worx

DEPOK, iNewsDepok.id - Super Sub kapal selam super mewah yang telah resmi diperkenalkan perusahaan asal Belanda U-Boat Worx baru-baru ini. Kapal selam ini ditujukan untuk para ekowisata yang ingin bermain-main di bawah laut bersama penyu, hiu, dan biota laut lainnya.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki Super Sub ini. Salah satunya, kapal selam elektrik berbentuk peluru ini mampu membawa 3 orang penumpang menyelam sedalam 300 meter di bawah air dengan kecepatan hingga 10 knot.

Kecepatan Super Sub memang berada di atas rata-rata kapal selam kebanyakan. Bahkan, 3-4 knot lebih cepat dari kecepatan jelajah tertinggi lumba-lumba hidung botol.

Desainnya pun diklaim memiliki dinamika aliran efisien yang sama dengan mobil listrik.

"Kami sangat senang dengan perkembangan ini. Ini adalah sesuatu yang telah kami kerjakan dengan keras, dan sekarang berhasil memiliki kapal selam yang paling dinamis, kami sangat senang," ungkap CEO U-Boat Worx, Bert Houtman, seperti dikutip dari Daily Mail, pada Sabtu (26/11/2022).

Selanjutnya, Super Sub memiliki empat pendorong kuat yang menghasilkan daya dorong 60 kw, sebenarnya pertama kali diluncurkan ke dunia pada tahun 2021.

Lantas bagaimana dengan harganya? Menurut manajer pemasaran U-Boat Worx, Roy Heijdra, harga kapal mulai dari $5,8 juta atau Rp91 miliar untuk model dasar.

"Modelnya sendiri ditujukan untuk pemilik swasta dan usaha komersial. Tidak mengherankan melihat resor kelas atas mengoperasikan Super Sub dalam waktu dekat," kata Heijdra.

Dengan ekor panjang dan kabin berbentuk gelembung, Super Sub memiliki berat sekitar 9.072 kg.

Desainer di belakang kapal selam inovatif ini mengatakan, kapal dapat melakukan pendakian dan penyelaman 30 derajat yang curam sambil mempertahankan pandangan 360 derajat bagi mereka yang berada di dalamnya.

Super Sub akan menjalani uji coba laut pada musim semi tahun depan, tetapi satu model telah dijual kepada pemilik pertama. Tidak jelas berapa harga yang dikenakan untuk itu atau berapa banyak yang telah dihabiskan U-Boat Worx untuk desain dan pembuatan kapal.

Yang jelas, dengan panjang 5,3 meter dan tinggi 2,1 meter kapal selam super mewah baru ini lebih luas dan lebih cepat daripada kapal selam lainnya.

Super Sub juga memiliki baterai lithium-ion ultra-ringan dan sistem propulsi 62-kilowatt yang mampu bertahan hingga delapan jam di bawah air.

Saat ini, Super Sub telah mendapat banyak pengembangan. Sistem pendukung kehidupan Super Sub kini menyediakan setidaknya 96 jam oksigen.

Sayangnya, penumpang tidak akan melihat makhluk misterius dari dasar laut karena batas kedalamannya hanya kurang dari 300 meter. 

Ini adalah wilayah lautan yang dikenal sebagai zona Mesopelagic atau 'twilight', lapisan terakhir tempat sinar Matahari menembus dengan penghuni laut yang bisa dilihat hanya cumi-cumi, ikan todak, dan ubur-ubur, hingga lumba-lumba.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut