Logo Network
Network

Di Depok, Sandiaga Uno Nobar Film Jejak 2 Ulama

Iyung Rizki
.
Sabtu, 22 Oktober 2022 | 21:43 WIB
Di Depok, Sandiaga Uno Nobar Film Jejak 2 Ulama
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno nonton bareng (nobar) film Jejak 2 Ulama di Depok, Jawa Barat, Sabtu (22/10/2022). Foto: Istimewa.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid menambahkan, tiap individu harus kuat dalam menghadapi tantangan zaman seperti yang diajarkan dalam film tersebut. Menurutnya, tantangan yang dihadapi santri saat ini pun berbeda namun terpenting bahwa santri harus menjadi sukses.

“Santri sekarang tentu tantangan berbeda, tapi mereka memberikan satu kata kunci, santri bisa sukses, santri bisa hebat kalau mereka membuka diri dan mau belajar. Ingat, bahwa sejarah adalah pengulangan, jadi ulangilah prinsip itu maka santri akan sukses,” katanya.

Menurutnya, film tersebut bisa memberi inspirasi banyak orang, khususnya para santri. Film tersebut menggambarkan perjuangan dua ulama adalah salah satu inspirasi yang bisa dikembangkan dan kedua ulama tersebut memberikan inspirasi yang sangat kuat. Kedua tokoh tersebut mengajarkan tentang keterbukaan diri, tidak hanya belajar di satu pesantren tapi banyak pesantren, dan tidak hanya di satu guru tapi juga belajar ke banyak guru.

“Bukannya satu tempat, bahkan sampai ke luar negeri, sampai ke Mekkah. Itu satu inspirasi yang sangat luar biasa, bahkan lebih daripada itu, mereka bukan hanya melanjutkan tradisi belajar yang serius sebagai orang berilmu sehingga mereka bisa menjadi orang yang sukses, menjadi ulama besar,” kata Hidayat.

Elit PKS itu menuturkan, pelajaran yang dapat diambil dari film tersebut adalah mengenai pembelajaran demokrasi dalam Islam. Bahkan kedua tokoh tersebut berani membuat terobosan, dengan membuat organisasi.

“Zaman dulu enggak ada namanya organisasi, tapi beliau-beliau berdua memberikan contoh, keberanian untuk menangkap tantangan zaman, mengisi tantangan zaman, zaman dulu tantangannya adalah itu (membuat organisasi),” pungkasnya.
 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini