get app
inews
Aa Read Next : Baru Terpakai 5 Persen, Dinkes DKI Jakarta Pastikan Ruang Rawat Inap Pasien COVID-19 Masih Tersedia

Bang Imam Minta Perusahaan di Depok Utamakan Rekrut Warga Lokal

Kamis, 20 Oktober 2022 | 13:12 WIB
header img
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono saat memberi sambutan di acara Bursa Kerja Disnaker Kota Depok. Foto : Dok. Diskominfo Pemkot Depok.

DEPOK, iNewsDepok.id – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok menggelar Bursa Kerja yang dibuka oleh Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono, di Balai Rakyat Beji, Rabu (19/10/2022).

Dalam sambutannya, Bang Imam sapaan akrab Imam Budi Hartono meminta kepada pemilik perusahaan atau lembaga yang beroperasi di Depok agar mengutamakan tenaga kerja yang ber-KTP dan KK Depok.

Bang Imam menyampaikan, angka pengangguran terbuka di Kota Depok sebelum pandemi Covid-19 berada di sekitar 7 persen.

Pada saat pandemi angka tersebut meningkat menjadi 9 persen, karena banyak bisnis atau perusahaan yang gulung tikar akibat terdampak Covid-19.

"Tapi sekarang sudah menurun lagi dan para pebisnis mulai giat lagi merekrut tenaga kerja. Melalui kegiatan Job Fair atau Bursa Kerja diharapkan para pencari kerja ini dapat datang ke sini untuk mencoba mengisi lowongan yang tersedia," kata Bang Imam.

Bang Imam juga mengajak perusahaan yang ada di Kota Depok untuk dapat bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) dalam menurunkan angka pengangguran terbuka di Depok.

Salah satunya, dengan memberdayakan atau merekrut pegawai yang merupakan warga Kota Depok.

Bang Imam menjelaskan selain membuka Job Fair secara offline, Disnaker Depok juga membuka Job Fair secara online setiap harinya melalui aplikasi Bursa Kerja Online (BKOL) Depok.

Terkait hal itu, Bang Imam kembali mengajak perusahaan agar bisa bekerja sama dengan Disnaker Depok untuk membuka lowongan pekerjaan di aplikasi tersebut.

"Ayo yang mau bekerja sama untuk mencari pekerja, silakan daftar saja ke Disnaker. Sehingga jika suatu saat membutuhkan tenaga kerja kita tinggal salurkan dan panggil," ucapnya.

Sementara Kepala Disnaker Kota Depok Mohamad Thamrin menjelaskan, selama 2 tahun pandemi Covid-19 pihaknya tidak menggelar bursa kerja.

Saat ini bursa kerja juga masih dibatasi, pihaknya hanya mengundang 20 perusahaan.

"Dari 20 perusahaan ini terdapat 2.705 lowongan kerja untuk 95 posisi atau jabatan. Dari mulai pendidikan SMA/SMK hingga Perguruan Tinggi," terangnya.

"Semoga dengan digelarnya bursa kerja ini dapat mengurangi angka pengangguran di Kota Depok," pungkasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut