get app
inews
Aa
Read Next : Hindari Jeratan Pinjol Ilegal, UOB Dukung Terciptanya Budaya Keuangan yang Sehat bagi Generasi Muda

Rusia Berencana Pakai TurkStream sebagai Jalur Transit Gas

Kamis, 13 Oktober 2022 | 16:03 WIB
header img
Rusia Berencana Gunakan TurkStream untuk Transit Gas. Foto: Euronews

JAKARTA, iNewsDepok.id - Presiden Vladimir Putin umumkan bahwa Rusia berencana menggunakan jaringan pipa TurkStream sebagai jalur transit gas sebelum mengalirkannya menuju Eropa.

“Kami memiliki Blue Stream untuk pasar domestik Turkiye, dan 14 miliar meter kubik gas sedang transit ke Eropa melalui TurkStream. Tidak banyak, tapi tetap sesuatu,” ujar Putin dalam pidatonya saat Sesi pleno Forum Internasional Pekan Energi Rusia, Rabu (12/10/2022), pukul 14:15, waktu Moskow.

Bila berhasil, rencana ini akan membuat Turkiye sebagai rute utama pasokan bahan bakar Rusia.

“Kami dapat memindahkan volume transit yang hilang melalui jalur pipa Nord Stream di sepanjang dasar Laut Baltik ke wilayah Laut Hitam dan dengan demikian menjadikan Turkiye sebagai rute utama untuk pasokan bahan bakar kami, gas alam kami ke Eropa, dan menjadikannya pusat gas utama untuk Eropa di Turkiye, jika, tentu saja, mitra kami tertarik untuk melihat ini terjadi,” timpalnya.

TurkStream merupakan sistem pertama yang menggunakan pipa berdiameter 81 sentimeter dan dibangun sedalam lebih dari 2 kilometer. Jaringan ini terbentang sejauh 930 kilometer mulai dari pantai Laut Hitam Rusia menuju Turki.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut