get app
inews
Aa Read Next : Pertacami Resmi Menjadi Anggota KOI: Langkah Bersejarah dalam Dunia Tarung Campuran Indonesia

Lakukan 4 Hal Ini untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi Tanpa Obat

Rabu, 12 Oktober 2022 | 06:23 WIB
header img
Ilustrasi tes kolesterol. Foto: Freepik/rawpixel.com

DEPOK, iNewsDepok.id - Penderita kolesterol tinggi dianjurkan untuk melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Empat perubahan gaya hidup ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi tanpa obat.

Di sisi lain, seringkali penderita kolesterol tinggi merasa harus minum obat seumur hidup. Salah satunya obat Statin yang dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 30 persen.

Kolesterol tinggi dapat memengaruhi risiko jantung atau kemungkinan terkena penyakit jantung. Di samping juga faktor usia, berat badan, kebiasaan merokok, dan riwayat keluarga.   

Dokter akan menilai risiko jantung berdasarkan pemeriksaan, riwayat kesehatan, dan tes yang dilakukan, demikian dilansir dari Forbes Health. Informasi ini akan membantu dokter untuk memutuskan bagaimana mengobati kolesterol tinggi yang diidap seseorang.

Misalnya, apakah dengan diet sehat dan olahraga saja atau dengan perubahan gaya hidup dan pengobatan. Biasanya, orang yang minum obat kolesterol membutuhkannya selama sisa hidup mereka, dan cenderung membutuhkan seiring pertambahan usia. Di sisi lain, anak-anak dan remaja juga bisa terkena penyakit kolesterol tinggi.

Jadi, tidak selalu penderita kolesterol tinggi harus minum obat seumur hidup, karena itu mereka dianjurkan melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat.

Seringkali perubahan gaya hidup dapat mencegah kebutuhan akan pengobatan atau bekerja dengan obat-obatan untuk menurunkan risiko penyakit arteri koroner. Nutrisi, berat badan, dan aktivitas fisik dapat membuat perbedaan dalam kadar kolesterol.

Berikut cara mengurangi kolesterol tanpa obat dengan melakukan perubahan gaya hidup seperti berikut ini, yang dirangkum pada Rabu (12/10/2022):

  1. Menjaga berat badan yang sehat.

Menurunkan berat badan berlebih dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan sangat penting bagi orang yang juga memiliki trigliserida tinggi, kolesterol HDL rendah dan/atau ukuran pinggang yang besar (lebih dari 40 inci untuk pria dan lebih dari 35 inci untuk wanita).

  1. Makan diet rendah lemak jenuh dan kolesterol.

Menambahkan lebih banyak serat larut juga dapat membantu, yang bisa melibatkan makan makanan seperti gandum, buah-buahan tertentu seperti jeruk atau pir, sayuran, kacang, dan lentil.

  1. Berhenti merokok.

Merokok meningkatkan kolesterol LDL dan menurunkan kolesterol HDL, terutama pada wanita. Ketika perubahan gaya hidup tidak cukup untuk mengontrol kolesterol maka obat-obatan bisa menjadi pilihan.

  1. Gerakkan tubuh selama 30 menit setiap hari.

Olahraga dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol LDL, terutama bagi siapa saja yang kelebihan berat badan.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut