get app
inews
Aa Read Next : Hemat Liburan ke Luar Negeri dengan Promo Fantastis dari AirAsia

Berbatasan dengan Depok, TPST Kampung Kandang Jagakarsa Jaksel Dikeluhkan Warga Sekitar

Kamis, 06 Oktober 2022 | 07:32 WIB
header img
Keberadaan TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu) Kampung Kandang Jagakarsa Jaksel dikeluhkan warga sekitar menyangkut bau tak sedap, jalan menjadi rusak, kumuh, dan banjir. Foto: Tama/iNews Depok.

JAKARTA, iNewsDepok.id – Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Kampung Kandang Jagakarsa Jakarta Selatan terletak di perbatasan Jakarta dengan Depok. Keberadaanya dikeluhkan warga sekitar menyangkut bau tak sedap, jalan menjadi rusak, kumuh, dan banjir

Keterbatasan lahan di DKI Jakarta memang sudah cukup mengkhawatirkan. Khususnya, dalam hal pengelolaan sampah di ibu kota yang diketahui bisa menghasilkan ribuan ton sampah tiap harinya. Tempat pembuangan sampah, menjadi titik akhir hajat warga ibu kota.

Tidak jarang, sejumlah tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) harus berhimpitan dengan lokasi pemukiman warga. Salah satunya TPST Kampung Kandang, yang berada di Kelurahan Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Lokasi ini berada di perbatasan dengan Kota Depok.

Selain berhimpitan dengan pemukiman, TPST Kampung Kandang, juga berada di area tempat pemakaman umum (TPU) Kampung Kandang.

Sebagai TPST, yang juga berdekatan dengan wilayah Depok, Jawa Barat ini, ternyata keberadaannya banyak dikeluhkan oleh warga.

Beberapa keluhan warga sekitar antara lain seperti aroma tak sedap, jalan pemukiman yang rusak, serta sisi ancaman penyakit yang menghantui warganya.

Salah satu warga, Masnah warga RT 03/ 04, Kel. Kampung Kandang, kepada tim iNews Depok mengatakan, dirinya bersama sejumlah warga lain mengaku terganggu dengan keberadaan TPST tersebut yang dinilai menimbulkan bau yang tak sedap.

"Saya sih mewakili RT 03, RW 04 Kampung Kandang, saya merasa nggak nyaman. Baunya nggak enak, bau sampah. Bukan cuma saya aja, tetapi warga di bagian atas dan bawah juga merasakannya," ujar Masnah, Rabu kemarin (05/10/2022).

Bau yang menyengat dari tumpukan sampah, diakui warga nampak terasa jika musim hujan tiba.

Masnah juga menjelaskan, keberadaan TPST ini sifatnya sementara, dan menempati area pemakaman TPU Kampung Kandang.

"Ya sebenarnya ini sih lahan kuburan, cuma dimanfaatin dulu sementara buat lahan pembuangan sampah," imbuhnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut