get app
inews
Aa Read Next : Tol Cijago Akhirnya Diresmikan Presiden Jokowi, BPN Kota Depok Jelaskan Progres Pembebasan Lahan

Sosok Erina Gudono, Finalis Putri Indonesia Bakal Dinikahi Kaesang Pangarep pada Desember 2022

Minggu, 11 September 2022 | 17:29 WIB
header img
Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan kekasihnya Erina Gudono saat perayaan HUT RI ke-77 di Istana Negara Jakarta, pada 17 Agustus 2022 memakai busana adat Sumatera Barat. Foto: Youtube Sekretariat Negara

SOLO, iNewsDepok.id - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan segera menikah dengan finalis Putri Indonesia 2022 asal Yogyakarta, Erina Gudono pada Desember 2022.

Memang, belakangan keduanya mulai berani go public soal hubungan asmara mereka. Bahkan, Kaesang dan Erina tampil serasi mengenakan pakaian adat Sumatera Barat saat menghadiri perayaan HUT RI ke-77 di Istana Merdeka Jakarta pada 17 Agustus 2022.

Saat itu, hubungan keduanya mencuri perhatian publik. Bahkan, kedekatan Kaesang dan Erina seolah menjadi jawaban setelah kandasnya hubungan putra bungsu presiden dengan Nadya Arifta, kekasihnya setelah putus dari Felicia Tissue.

Soal rencana pernikahan Kaesang dan Erina diungkap Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakoso saat menyampaikan pidato dalam pembukaan Grand Final Lead National Series (LNS) di Kota Solo, pada Sabtu (10/9/2022).   

Teguh yang mewakili Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, yang berhalangan datang ke acara karena tengah sibuk mengurus rencana pernikahan sang adik.

"Beliau disibukkan dengan...  yang akan (menyelenggarakan) mantu terakhirnya Pak Presiden. Jadi Mas Kaesang Desember akan ada pernikahan di Surakarta," ungkapnya.

Di akhir pekan ini, Gibran menyambangi Yogyakarta, daerah asal Erina Gudono, untuk membicarakan mengenai rencana pernikahan sang adik.

"Jadi beliau (Gibran) hari Sabtu-Minggu ke Jogja untuk komunikasi dengan keluarga (Erina)," kata Teguh.

Lantas seperti apa sosok calon mantu Presiden Jokowi, Erina Gudono? Erina memiliki nama lengkap Erina Sofia Gudono. Ia lahir di Pennsylvania, Amerika Serikat, 11 Desember 1996.

Melansir akun LinkedIn, Erina merupakan perempuan berprestasi. Selama kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta jurusan Administrasi dan Manajemen Bisnis, Erina sudah aktif dalam berbagai kompetisi.

Erina meraih juara pertama pada ajang National Business Plan Competition, UMY National Business Plan Competition, National Marketing Plan Competition, IPB Marketing Competition, National Case Competition, dan National Tourism Case Competition pada tahun 2017.

Ia juga berhasil memboyong penghargaan sebagai runner up dari ajang Eureca Business Plan Competition (2017) dan International Gadjah Mada Business Case Competition (2018).

Erina Gudono bahkan pernah dinobatkan sebagai Duta UMKM pada tahun 2016-2017, Dimas Diajeng Daerah Istimewa Yogyakarta di tahun 2018, dan Duta Pariwisata Indonesia pada tahun 2019-2020.

Di samping itu, Erina juga aktif dalam organisasi dan kegiatan kesukarelawanan. Sejak tahun 2015 hingga sekarang, Erina pernah menjadi staf sosial dan budaya di Global dan Leadership Forum. Ia juga pernah menjadi staf Departemen Olahraga dan Seni di Ikatan Keluarga Mahasiswa Manajemen (2015-2016).

Erina pernah menjadi sukarelawan di Project Child, Global Peace Festival Foundation, Kisah Kasih Organization, dan Save Street Children Indonesia. Organisasi relawan yang Erina Gudono ikuti tersebut bergerak di bidang pendidikan, kemanusiaan, hingga ekonomi.

Anak ketiga dari empat bersaudara ini sempat menjadi delegasi UGM pada Harvard World Model United Nations di tahun 2017.

Setelah lulus dari UGM, Erina Gudono mengikuti short program class di The Chinese University of Hong Kong yang bekerjasama dengan Harvard University.

Ia juga mengikuti program student exchange yang diadakan oleh Showa Women’s University Japan pada tahun 2018.

Tak hanya berprestasi di bidang akademik, Erina juga memiliki karier yang cemerlang.  Ia pernah bekerja sebagai kepala manajer di Asto Watch pada tahun 2016-2017.

Selanjutnya, Erina bekerja di P&G sebagai brand management selama 5 bulan, Desember 2018 sampai April 2019.

Erina juga pernah berkarier di Tokopedia sebagai associate brand strategist pada April 2019 sampai Oktober 2020.

Selanjutnya, Erina bekerja sebagai project at payment system policy department dan assistant manager apprenticeship pada Oktober 2020 sampai Juli 2021. Terakhir, ia menjabat Asia Analyst di JP Morgan.  

Erina mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta dalam kontes kecantikan Puteri Indonesia 2022 dan berhasil berada di babak 11 besar.  

Sejak tahun 2021, Erina melanjutkan studi S2 Columbia University jurusan Administrasi Publik dengan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Erina juga diketahui mempublikasikan e-book dengan judul Paving Way to Top Uni and Ivy League pada 2022 yang membahas tentang tips-tips bagi yang ingin berkuliah ke luar negeri.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut