get app
inews
Aa Read Next : Manfaat Mengejutkan Kafein untuk Kulit dan Rambut

Inilah 5 Teh Ampuh Penurun Kolesterol Jahat, Minum Rutin Sebagai Kebiasaan Sehat

Minggu, 04 September 2022 | 06:10 WIB
header img
Teh hijau atau green tea salah satu teh sehat yang khasiat menurunkan kolesterol. Foto: Pixabay/Mirko Stödter

DEPOK, iNewsDepok.id - Setidaknya ada 5 teh ampuh penurun kolesterol jahat, yang bagus dikonsumsi sehari-hari sebagai kebiasaan sehat. Minum teh menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia yang ternyata memberikan manfaat bagi kesehatan, yakni menurunkan kolesterol jahat.

Teh memang minuman popular di Indonesia sejak jaman Belanda. Bahkan, saat ini teh memiliki berbagai jenis dan dikombinasikan dengan bahan lainnya, seperti boba, susu, milo dan rasa lainnya.

Teh cocok diminum dalam berbagai suasana dengan teman minum teh beragam hidangan. Dianjurkan minum  teh penurun kolesterol jahat agar kadar kolesterol jahat di dalam tubuh tidak tinggi. Sebagaimana diketahui, kadar kolesterol jahat yang tinggi membuat tidak sehat dan meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

Berikut 5 teh ampuh penurun kolesterol jahat yang bagus dikonsumsi sehari-hari, seperti dirangkum dari berbagai sumber pada Minggu (4/9/2022):

  1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan lainnya yang dipercaya dapat membantu menurunkan LDL atau kolesterol jahat dan kadar kolesterol total.

Pada sebuah studi di tahun 2015, para ilmuwan menguji coba teh hijau pada tikus. Dalam waktu kurang dari 2 bulan, kadar kolesterol dan LDL pada tikus berkurang sekitar 14,4 persen dan 30,4 persen.

Meski demikian, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk menyelidiki ini.

  1. Teh Hitam

Teh hitam atau black tea bagus dikonsumsi karena bisa menurunkan kolesterol jahat. Foto: Freepik/8photo

Teh hitam juga mengandung polifenol termasuk katekin, flavonoid, dan tanin. Polifenol adalah senyawa nabati yang dapat memberikan manfaat kesehatan.

Mengonsumsi teh hitam mampu mengurangi risiko diabetes, kanker, dan memerangi peradangan serta mendukung fungsi kekebalan tubuh. Selain itu juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

  1. Teh Oolong.

Teh hitam dipercaya ampuh menurunkan kolesterol jahat. Foto: Pixabay/bor chen

Teh oolong adalah teh tradisional Tiongkok yang memiliki reputasi bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Beberapa bukti ilmiah menunjukkan bahwa mengonsumsi oolong dapat membantu mengurangi lemak tubuh pada orang yang obesitas.

Teh ini juga diyakini memiliki sifat penurun kolesterol; penelitian pada hewan telah menunjukkan itu dapat mengurangi kadar trigliserida.

  1. Teh Rooibos

Rooibos merupakan teh herbal yang berasal dari Afrika Selatan, yang terbuat dari daun rooibos atau tumbuhan semak merah.

Suatu studi menunjukkan bahwa mengonsumsi 6 gelas teh rooibos dalam sehari selama 6 minggu dapat mengurangi kolesterol jahat atau LDL, serta meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

  1. Teh Rose Hip

Teh rose hip ini terbuat dari buah tumbuhan mawar, yang kaya Vitamin C dan berbagai komponen tumbuhan mawar. Ketika dikombinasikan dengan beberapa lemak pada rose hip, menghasilkan kandungan antiradang.

Beberapa studi telah melihat kemampuan bubuk rose hip dalam mengurangi radang pada individu dengan rheumatoid arthritis serta osteoarthritis.

Rose hip juga terbukti menurunkan indek massa tubuh dan lemak perut ketika digunakan untuk manajemen berat badan selama 12 minggu pada populasi dengan berat badan berlebih. Juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

Artikel ini tayang di Okezone.com dengan judul “5 Teh Ampuh Penurun Kolesterol Jahat, Ngeteh Jadi Makin Bermakna.”

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut