get app
inews
Aa Read Next : Manfaat Mengejutkan Kafein untuk Kulit dan Rambut

Tak Sekadar Enak, Ternyata Ini 4 Manfaat Matcha bagi Kesehatan

Selasa, 25 Oktober 2022 | 06:12 WIB
header img
Matcha. Foto: Pixabay/dungthuyvunguyen

DEPOK, iNewsDepok.id - Berbagai minuman dan makanan yang diolah dari matcha menjadi favorit banyak orang. Matcha yang merupakan teh asal Jepang ini memang digunakan sebagai bahan tambahan berbagai macam jajanan seperti es krim, minuman dan cake.

Di samping rasanya memang nikmat, matcha ternyata banyak memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Lantas apa saja manfaat kesehatan dari matcha? Beriku 4 manfaat matcha bagi kesehatan, seperti dilansir dari Healtline pada Selasa (25/10/2022):

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Matcha dikenal dapat membantu menurunkan berat badan. Teh hijau satu ini terkenal dengan kemampuannya untuk meningkatkan penurunan berat badan.

Berdasarkan penelitian, matcha dapat membantu mempercepat metabolisme untuk meningkatkan pengeluaran energi dan meningkatkan pembakaran lemak.

Satu penelitian kecil menunjukkan, bahwa mengonsumsi ekstrak teh hijau selama olahraga sedang meningkatkan pembakaran lemak sebesar 17 persen.

  1. Antioksidan Tinggi

Matcha kaya akan katekin, kelas senyawa tumbuhan dalam teh yang berfungsi sebagai antioksidan alami.

Antioksidan membantu menstabilkan radikal bebas berbahaya, yaitu senyawa yang dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit kronis.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Menurut para peneliti matcha menyebabkan peningkatan perhatian, waktu reaksi, dan memori, dibandingkan dengan plasebo.

Selain itu, berdasarkan studi kecil lainnya bahwa mengonsumsi 2 gram bubuk teh hijau setiap hari selama 2 bulan membantu meningkatkan fungsi otak pada orang tua.

Matcha mengandung jumlah kafein yang lebih terkonsentrasi daripada teh hijau, mengemas 35 mg kafein per setengah sendok teh (sekitar 1 gram) bubuk matcha.

  1. Melindungi Hati

Hati sangat penting untuk kesehatan dan memainkan peran sentral dalam membuang racun, memetabolisme obat, dan memproses nutrisi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa matcha dapat membantu melindungi kesehatan hati.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut