get app
inews
Aa Read Next : Kenali 6 Gejala Kolesterol Sejak Dini, Nomor 1 Sering Dirasakan

Rekomendasi 3 Jenis Minyak Goreng Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Kamis, 25 Agustus 2022 | 19:21 WIB
header img
Minyak zaitun salah satu minyak goreng non kolesterol yang bisa menjadi pilihan bagi penderita kolesterol tinggi. Foto: Pixabay/Steve Buissinne

DEPOK, iNewsDepok.id - Terlalu banyak konsumsi minyak goreng bisa sebabkan kolesterol tinggi, sehingga penderita kolesterol tinggi sebaiknya menjaga pola asupan. Salah satunya memilih jenis minyak goreng yang aman digunakan sehari-hari.

Agar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh tidak meningkat maka sebaiknya memilih minyak goreng non kolesterol. Minyak goreng non kolesterol ini sangat dianjurkan untuk mencegah gangguan kesehatan akibat lemak jahat.  

Minyak goreng non kolesterol ini berasal dari bahan nabati, seperti canola, jagung, zaitun, kedelai hingga biji bunga matahari.

Berikut 3 jenis minyak goreng non kolesterol yang sangat baik bagi penderita kolesterol tinggi, seperti dikutip dari berbagai sumber, pada Kamis (25/8/2022):

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan sumber Vitamin E dan antioksidan yang baik yang disebut polifenol. Berdasarkan penelitian menunjukkan makan 1 1/2 sendok makan (20 gram) minyak zaitun setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner ini bisa dialami oleh mereka menderita kolesterol tinggi. Minyak zaitun ini banyak digunakan dalam masakan Mediterania karena rasanya yang kaya, keserbagunaan, dan manfaat kesehatan jantung.

  1. Minyak Canola

Minyak canola menjadi minyak goreng non kolesterol yang disarankan baik untuk penderita kolesterol tinggi. Minyak ini merupakan sumber baik dari MUFA (dan beberapa PUFA), titik asap minyak canola tinggi membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk memanggang, memasak dalam oven, dan menggoreng.

Selain itu, minyak canola juga mengandung tinggi asam alfa-linolenat (ALA), asam lemak omega-3. Canola memiliki rasa yang ringan dapat digunakan dalam saus salad, bumbu perendam, saus dan baiknya bebas kolesterol.

  1. Minyak Bunga Matahari

Minyak bunga matahari dapat digunakan untuk memasak dalam kondisi panas tinggi. Minyak mentah hanya boleh digunakan dalam resep tanpa panas. Sebuah penelitian membuktikan bahwa penggunaan minyak ini selama 10 minggu, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida secara drastis.

Kandungan tersebut baik yang juga menjaga kondisi kesehatan jantung. Sehubungan dengan itu, semua minyak goreng yang ada di rumah. Disarankan agar disimpan dengan baik, agar tidak merusak kandungan yang ada.

"Semua minyak akan memburuk dari waktu ke waktu dengan paparan cahaya, panas dan udara," demikian keterangan heartfoundation, seperti dikutip pada Kamis (25/8/2022).

Artikel ini terbit di Sindonews dengan judul 3 Minyak Goreng Non Kolesterol, Nomor Terakhir Menjaga Kondisi Kesehatan Jantung.”

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut