Logo Network
Network

BNPT Dorong Mitra Deradikalisasi Jadi Petani Kopi Hebat Melalui KTN di Temanggung

M Mahfud
.
Rabu, 27 Juli 2022 | 17:55 WIB
BNPT Dorong Mitra Deradikalisasi Jadi Petani Kopi Hebat Melalui KTN di Temanggung
Di Temanggung Jawa Tengah, BNPT meresmikan Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) dan Warung NKRI. Peresmian berlangsung hari ini, Rabu (27/7/2022). Foto: Istimewa.

TEMANGGUNG, iNews.id - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terus mengembangkan program deradikalisasi berbasis kesejahteraan bagi para eks narapidana terorisme. Di Temanggung Jawa Tengah, BNPT meresmikan Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) dan Warung NKRI.

KTN di Temanggung lokasinya di kaki Gunung Sindoro, tepatnya di Sidempul seluas 10 hektar. Peresmian berlangsung hari ini, Rabu (27/7/2022).

Selain KTN, BNPT juga meresmikan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI (Warung NKRI) di Embung Bansari, Desa Bansari, Temanggung.

Dengan peresmian KTN di Temanggung, maka jumlah KTN bertambah menjadi 4 kawasan setelah sebelumnya dibangun KTN di Turen Jawa Timur, KTN Sumbawa NTB, dan KTN Garut Jawa Barat.

Dalam pembagunan KTN Temanggung, BNPT bekerja sama dengan Pemkab Temanggung, Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah, Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI), PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan Koperasi Rejo Mulyo.

Kepala BNPT Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, MH mengharapkan mitra deradikalisasi menjadi petani kopi yang hebat dan tangguh.

Mitra deradikalisasi ini bersama masyarakat sekitar melakukan budidaya tanaman kopi.

Dengan cara demikian mitra deradikalisasi akan berkembang secara ekonomi bersama dengan masyarakat sekitar.

“Kopi itu komoditas yang terkenal, kami yakin di bawah bimbingan Kementan akan menghasilkan petani kopi yang terampil," kata Kepala BNPT.

Jenderal bintang tiga ini juga menyampaikan sebagai pusat reintegrasi sosial, nantinya mitra deradikalisasi akan bergabung dengan koperasi untuk bersama sama masyarakat  meningkatkan produksi serta mempromosikan kopi Temanggung.

"Kami titipkan kepada koperasi seluruh teman-teman mitra deradikalisasi. Pasti ini akan terus berkembang menjadi unit usaha yang menguntungkan, apalagi ini kopi Temanggung yang memang sudah hebat dan top di Indonesia," lanjut Boy Rafli.

Sebagai bentuk dukungan pada program KTN Temanggung, Kementan RI memberikan bantuan 1.000 bibit kopi, 2 unit sprayer, 2 unit cultivator, 1 unit traktor, dan 1 ton pupuk organik. Selain bantuan fisik, Kementan RI juga akan memberikan pelatihan kepada mitra BNPT sehingga program pencegahan terorisme dapat dilakukan dari hulu hingga hilirnya.

"Kami memberikan support penuh kepada BNPT, agar terus kita memotivasi memberikan edukasi yang tepat, semua kegiatan pangan kita berbasis hilirisasi. Hulunya pencegahan (terorisme), hilirnya pembinaan hingga produk jadi," jelas Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi.

Sementara Sekretaris Daerah Temanggung, Hary Agung Prabowo, yang hadir mewakili Pemkab Temanggung menyampaikan akan senantiasa mendukung kemitraan dengan BNPT. Ia berharap KTN akan segera memberikan hasil yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Semoga manfaatnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat," tuturnya.

KTN Temanggung banyak mendapatkan dukungan dari berbagai pihak termasuk Pemkab Temanggung yang memberikan pupuk sebanyak 7,5 kuintal. Sedangkan PT Adhi Karya membangu pembangunan warung NKRI. Sementara Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa (IARMI) Jawa Tengah memberikan 1.000 bibit tanaman hortikultura.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.