get app
inews
Aa Read Next : Wujudkan Indonesia Emas di 2045, Generasi Penerus Harus Berkarakter Cinta Tanah Air

HUT BNPT, Mahfud MD: Salahi Kesepakatan Berdirinya NKRI, Radikalisme Tak Boleh Ada di Indonesia

Selasa, 19 Juli 2022 | 18:52 WIB
header img
Mahfud MD menyatakan semua pihak harus bersinergi untuk mencegah dan melawan radikalisme. Mahfud MD menyatakan hal tersebut saat acara Presidential Lectures dalam rangkaian acara HUT BNPT di Jakarta, Selasa (19/7/2022). Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNews.idRadikalisme tak boleh ada di Indonesia karena menyalahi kesepakatan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Radikalisme yang merupakan akar terorisme adalah musuh negara, musuh bangsa dan musuh semua kalangan. Maka semua pihak harus bersinergi untuk mencegah dan melawan radikalisme.

Demikian penegasan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Prof Dr Mohammmad Mahfud MD dalam acara Presidential Lectures bertema Gelorakan Sinergi Bangsa dalam Mencegah Intoleransi, Radikalisme, dan Terorisme Menuju Indonesia Harmoni.

Acara berlangsung di Jakarta, Selasa (19/7/2022).  Acara merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Badan Nasional Penanggulanan Terorisme ke-12. 

Acara diikuti 60 Kementerian dan Lembaga (KL), dan 15 BUMN. 

Mahfud MD menegaskan berdirinya NKRI adalah hasil dari kesepakatan luhur pendiri negara. Kesepakatannya adalah berbeda-beda tetapi satu yaitu Pancasila sebagai dasar negara.

“Jadi kesepakatan luhur untuk menerima perbedaan yang menjadi akar berdirinya negara. Kesepakatan luhur ini tak bisa dianulir,” kata Mahfud MD yang menyampaikan presidential lecture secara virtual. 

Mahfud MD menyatakan akar beridirinya negara itu sama dengan akta kelahiran. “Akta kelahiran itu tak bisa diubah,” tegasnya

Sementara radikalisme, tandas Mahfud MD bertujuan untuk merubah negara dari akar-akarnya. “Radikalisme itu membongkar sesuatu dari akar-akarnya. Maka sudah jelas radikalisme bertujuan mengganti Pancasila,” jelas Menkopolhukam.

Mahfud MD menambahkan radikalisme adalah sesuatu yang berbahaya. Radikalisme akan memunculkan 3 hal yaitu sikap intoleran, menggulirkan wacana tandingan untuk mengubah dasar negara, dan terorisme.

“Ketiga hal ini sudah ada di Indonesia dan itu sangat berbahaya,” cetus mantan Ketua MK ini.

Sikap intoleran berwujud pada sikap yang tidak mau menerima perbedaan. “Padahal jelas negara kita berdiri pada kesepatan bersatu dalam perbedaan,” tambah Mahfud MD.

Wacana ideologi untuk mengubah Pancasila dari kelompok radikal sudah dijalankan. Kelompok radikal menyusup ke berbagai sektor mulai pendidikan baik pendidikan umum maupun pendidikan agama di pesantren-pesantren.

“Sementara terorisme sudah ada dengan adanya bom. Terorisme adalah kekerasan yang membuat ketakutan secara masif,” ujar Mahfud MD.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut