get app
inews
Aa Read Next : Polri Kembali Adakan Hoegeng Awards 2024, Cari Sosok Polisi Teladan

Banyak Kejanggalan, KontraS Sebut Kasus Brigadir J Seperti Kasus Penembakan 6 Laskar FPI

Kamis, 14 Juli 2022 | 16:27 WIB
header img
Almarhum Brigadir J (kiri) dan Bharada E (kanan). Sumber: Twitter

"Kapolri menjamin ruang masukan, saran, serta penyampaian dari pihak keluarga korban untuk bebas dari tindakan intimidatif dan tekanan dalam bentuk lain guna mencari fakta seterang-terangnya. Serta meminta LPSK untuk menjamin perlindungan bagi keluarga korban," pinta dia.

Seperti diketahui, peristiwa baku tembak antara Brigadir J dengan Bharada E di rumah Irjen Pol Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, terjadi pada 8 Juli 2022, tetapi baru disampaikan ke publik pada Senin (11/7/2022).

Polisi mengatakan, peristiwa itu terjadi karena Brigadir J yang bernama asli Nofriansyah Yosua Hutabarat, melakukan pelecehan terhadap istri Irjen Ferdy, dan menodongkan pistol kepadanya. Istri Irjen Ferdy berteriak dan Brigadir J berlari meninggalkannya.

Saat Brigadir J keluar dari kamar Irjen Ferdi, Bharada E menanyakan apa yang terjadi, akan tetapi Brigadir J menembak hingga tujuh kali, sedang Bharada E membalas dengan lima tembakan. Brigadir J tewas.

Keluarga Brigadir J mengaku sempat dilarang melihat jenazah Brigadir J, tetapi mereka menaksa  Dan ketika jenazah dilihat serta diperiksa, mereka menemukan luka sayatan dan kedua jari tangannya putus. Keluarga bahkan tak percaya Brigadir J melakukan pelecehan karena sebagai anggota Brimob, Brigadir J ditugaskan menjadi sopir istri Irjen Ferdy itu, dan keluarga mengatakan Brigadir J menghormati istri Irjen Ferdy.

Kejanggalan-kejanggalan ini menjadi gunjingan publik, dan Kapolri kemudian membentuk tim khusus untuk mengungkap penyebab kematian Brigadir J yang sebenarnya. Tim ini melibatkan Kompolnas dan Komnas HAM.

 

Editor : Rohman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut