get app
inews
Aa Read Next : Habib Umar bin Hafidz Tuntun Pria Berambut Panjang Ucap Dua Kalimat Syahadat, Diberi Nama Abu Bakar

Ini Silsilah Nabi Muhammad SAW dari Ayahnya Hingga Nabi Adam AS

Selasa, 05 Juli 2022 | 21:18 WIB
header img
Kaligrafi nama Nabi Muhammad SAW dengan latar kubah masjid. Dok: SINDOnews

DEPOK, iNewsDepok.id - Dalam ajaran agama samawi atau agama yang diturunkan dari langit berlandaskan wahyu yang disampaikan Allah SWT kepada para rasul, disebutkan bahwa manusia pertama di muka Bumi dan menjadi nenek moyang seluruh manusia adalah Nabi Adam AS dan istrinya, Siti Hawa.

Dalam Al Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 30, Allah SWT berfirman; "Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui“.

Ayat itu berkisah tentang awal penciptaan Nabi Adam AS yang diciptakan Allah SWT dari tanah dan air sebagaimana firman-Nya dalam Al Qur'an Surat Al-Imran ayat 59 yang berbunyi; "Sesungguhya permisalan (penciptaan) Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: “Jadilah” (seorang manusia), maka jadilah dia".

Awalnya, Nabi Adam AS dan Ibunda Siti Hawa tinggal di surga, tetapi karena bujuk rayu dan tipuan Iblis, keduanya melanggar larangan Allah SWT dan mendapat murka dari-Nya. Nabi Adam AS dan Siti Hawa menyesal dan bertobat, dan Allah SWT mengampuni mereka.

Namun, sebagai hukuman, Allah SWT mengirim Adam AS dan Hawa untuk memimpin kehidupan di Bumi.

Dari sejarah yang tercantum dalam Al Qur'an tersebut, bagi umat Islam tiada keraguan bahwa semua manusia di Bumi bersumber dari nenek moyang yang sama, yakni Nabi Adam AS dan istrinya, Siti Hawa, tidak terkecuali Nabi Muhammad SAW yang lahir pada tahun 570 Masehi (Tahun Gajah) di Mekah, dan wafat pada tanggal 8 Juni 632 Masehi di Madinah.

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut