get app
inews
Aa Read Next : Menang dari Kenta Nishimoto, Jonatan Christie Lolos ke Babak 16 Besar Prancis Open 2023

Masuk BWF Hall of Fame, Liliyana Natsir Resmi Jadi Legenda Bulutangkis Dunia

Sabtu, 18 Juni 2022 | 14:56 WIB
header img
Liliyana Natsir resmi masuk BWF Hall of Fame. (Foto: Humas PBSI)

JAKARTA, iNewsDepok.id – Suatu kebanggaan bagi Indonesia, khususnya Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), karena mantan pebulutangkis nasional Liliyana Natsir dinobatkan menjadi salah satu legenda bulu tangkis dunia.

Penobatan itu terjadi setelah Badminton World Federation (BWF) memasukkan Liliyana dalam BWF Hall of Fame, dan penghargaan itu diserahkan secara langsung oleh Kasubid Hubungan Luar Negeri PBSI, Bambang Rudianto, kepada Liliyana dengan disaksikan ribuan penonton babak semifinal Indonesia Open 2022, Sabtu (18/6/2022) siang WIB di Istora Senayan, Jakarta.

Dalam sambutannya, Lilyana mengatakan sangat bangga karena mendapatkan prestasi tertinggi bagi seorang mantan atlet bulutangkis itu. 

"Tiga tahun lalu saya di sini mengumumkan untuk pensiun, tetapi hari ini saya di sini untuk menerima penghargaan Hall of Fame dari BWF. Ini menjadi bukti bahwa bulu tangkis Indonesia diakui di mata dunia," kata mantan pebulutangkis yang akrab disapa Butet itu.

Lilyana nampak terharu ketika video-video tentang prestasi-prestasinya diputar.

Lilyana mulai merintis karir profesional bulutangkisnya pada tahun 1994, dan pensiun pada tahun 2019.

Pemain ganda campuran itu meraih banyak gelar ketika berpasangan dengan Nova Widianto, di antaranya meraih medali perak di Olimpiade Beijing 2008, dan juara dunia pada tahun 2005 dan 2007.

Prestasinya semakin mentereng ketika berpasangan dengan Tontowi Ahmad, karena sukses merengkuh gelar hattrick All England (2012-2014), juara dunia 2013 dan 2017, dan medali emas Olimpiade Rio 2016.

Liliyana merupakan pebulutangkis perempuan kedua asal Indonesia yang masuk BWF Hall of Fame, karena sebelumnya Susi Susanti telah lebih dulu mendapat penghargaan bergengsi itu 

Perempuan berusia 36 tahun itu pun mengungkapkan terima kasih kepada BWF dan PBSI, serta rekan-rekan dan pelatih yang telah membimbingnya hingga sampai ke titik ini. Yang tidak kalah penting, dia juga bersyukur kepada para fans yang selalu menggemuruhkan Istora untuk mendukungnya dan pemain-pemain lainnya.

"Pastinya penghargaan ini akan saya ingat seumur hidup saya," ucap Lilyana.

Editor : Rohman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut