Deklarasi Alumni Jerman Indonesia: Membangun Jaringan Alumni Jerman untuk Kontribusi Bangsa

Sazili Mustofa
Deklarasi ALJERIN, sebuah organisasi wadah bersama bagi seluruh alumni Jerman di Indonesia, digelar di Function Room Essence Dharmawangsa Appartment, Jakarta Selatan. Foto: ist

JAKARTA, iNewsDepok.id - Pada Sabtu (12/10/2024) sore, di Function Room Essence Dharmawangsa Appartment, Jakarta Selatan, dilangsungkan Deklarasi ALJERIN (Alumni Jerman Indonesia), sebuah organisasi wadah bersama bagi seluruh alumni Jerman di Indonesia.

Acara dihadiri sekitar 135 perwakilan alumni yang berasal dari berbagai kota di Jerman, bersama-sama mendeklarasikan terbentuknya ALJERIN sebagai langkah awal mempererat jaringan alumni dan berkontribusi nyata bagi kemajuan bangsa.

“ALJERIN didirikan dengan tujuan mempererat tali silaturahmi antar sesama alumni, menciptakan kolaborasi di berbagai bidang seperti pendidikan, bisnis, teknologi, dan seni, serta menjadi jembatan memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Jerman,” terang Dipl-Ing. Benny Soetrisno, yang secara aklamasi ditunjuk sebagai Ketua ALJERIN.

Organisasi ini, lanjut Benny Soetrisno merupakan alumni Jurusan Teknik Elektro RWTH Aachen Jerman tahun 1976, juga berperan sebagai wadah integrasi lintas alumni baik secara individu maupun lintas organisasi/lembaga/komunitas alumni yang telah eksis sebelumnya.

Yakni seperti Perhimpunan Alumni Jerman (PAJ), Ikatan Alumni Jerman (IAJ), Jejaring Alumni dan Returnee Indonesia (JARI), Alumni DAAD, Alumni InWEnt, alumni kota di Jerman (Altub, Alumni Hamburg, dll), WUSKI, serta organisasi/lembaga/ komunitas alumni Jerman lainnya. ALJERIN bertekad meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui transfer ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperoleh alumni dari Jerman.

“Organisasi ALJERIN, juga memperluas kerja sama internasional, khususnya antara Indonesia dan Jerman, di berbagai sektor strategis, seperti pendidikan, penelitian, dan industri,” lanjut Benny Soetrisno, Presiden Direktur PT APAC Inti Corpora, Komisaris Utama PT Inti Sukses Gamindo, Komut PT Sarana Tirta Ungaran serta Komut PT Panca Prima Maju Bersama. 

Selain itu, Benny Soetrisno juga aktif di Asosiasi Pertekstilan Indonesia (Ketua Umum), APINDO, KADIN, Gabungan Pengusaha Eksportir Indonesia, hingga Ketua Pokja KEIN (Komite Ekonomi dan Industri Nasional).

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network