Supian Suri Janjikan Solusi Cerdas Atasi Pengangguran di Depok, Ini Programnya

Rivalino
Calon Wali Kota Depok, Supian Suri, menegaskan komitmennya dalam mengurangi pengangguran di Kota Depok jika terpilih pada Pilkada 2024. (Foto: iNews Depok/Rivalino)

DEPOK, iNews Depok. id - Calon Wali Kota Depok nomor urut 2, Supian Suri, menegaskan komitmennya dalam mengurangi pengangguran di Kota Depok jika terpilih pada Pilkada 2024. Salah satu solusi utama yang disiapkannya adalah peningkatan lapangan kerja melalui pelatihan dan penempatan tenaga kerja, baik di dalam maupun luar negeri.

"Saat ini, pengangguran di Depok masih menjadi tantangan besar. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk meningkatkan keterampilan masyarakat melalui pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) yang berkualitas, agar mereka lebih siap menghadapi pasar kerja," kata Supian Suri, Rabu (9/10/2024).

Supian menjelaskan, BLK akan menjadi pusat pelatihan yang membekali warga dengan keterampilan sesuai kebutuhan industri, terutama bagi mereka yang belum memiliki kemampuan khusus. Dengan data yang akurat terkait pengangguran, program pelatihan akan lebih efektif dan tepat sasaran.

"Kita harus punya data konkret soal jumlah pengangguran, latar belakang pendidikan, dan keterampilan mereka. Dengan begitu, pelatihan di BLK bisa lebih terarah dan sesuai kebutuhan pasar kerja," tambahnya.

Tidak hanya fokus pada penciptaan lapangan kerja di dalam kota, Supian juga berencana menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan di luar kota dan luar negeri. Tujuannya agar lulusan SMK dan perguruan tinggi di Depok dapat memiliki kesempatan bekerja di berbagai sektor industri.

"Pemerintah Depok harus aktif membuka akses pekerjaan bagi warga, baik di dalam maupun luar kota, bahkan luar negeri. Kami akan menjalin komunikasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkannya," jelas Supian.

Selain upaya pelatihan dan penempatan tenaga kerja, Supian juga menekankan pentingnya peran tokoh masyarakat dalam mendukung stabilitas sosial. Menurutnya, tokoh masyarakat seperti ketua RT, RW, guru, dan tokoh agama, berperan penting dalam menjaga solidaritas di tengah masyarakat.

"Dukungan dari tokoh masyarakat sangat penting untuk keberhasilan program pemerintah. Kami akan memberikan apresiasi kepada mereka yang berkontribusi dalam menjaga kebersamaan dan keamanan warga," ujarnya.

Supian Suri optimistis, dengan sinergi yang baik antara pemerintah, masyarakat, dan wakil rakyat di DPRD, program-program yang direncanakannya akan berjalan maksimal dan dapat mengurangi angka pengangguran di Depok secara signifikan.

"Saya yakin, dengan kerja sama yang baik, anggaran dari provinsi, pusat, dan kota bisa dialokasikan lebih besar untuk kesejahteraan warga Depok," pungkasnya.

 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network