Sejumlah Wilayah di Jakarta Mulai Diguyur Hujan, Prediksi BMKG Bakal Berlangsung Selama Seminggu

Tama
Ilustrasi Hujan di Jakarta. Foto: dok. iNews

JAKARTA, iNews Depok.id - Sejumlah wilayah di Jakarta diguyur hujan pada Selasa (24/9/2024) siang. Hujan intensitas ringan disertai petir, diprediksi akan berlangsung selama sepekan ke depan.

Dari pantauan iNews Depok, di sekitaran Cawang, Jakarta Timur, tepatnya di Jln MT Haryono arah Pancoran, banyak pengendara sepeda motor menepi saat hujan mengguyur wilayah tersebut.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca periode 24 hingga 30 September 2024. Sejumlah wilayah di Jabodetabek, begitu juga Pulau Jawa pada umumnya, berpotensi diguyur hujan dalam waktu sepekan ke depan.

“Dalam sepekan ke depan, meskipun angin monsun timuran masih aktif, kelembaban relatif yang tinggi di wilayah Jawa diperkirakan akan meningkatkan potensi hujan,” tulis BMKG dalam keterangan resminya, Selasa (24/9/2024).

BMKG mengungkapkan udara lembap yang terbawa dari Samudra Hindia, ditambah dengan suhu permukaan laut yang hangat, dapat mendukung pembentukan awan konvektif, terutama di bagian barat dan tengah Jawa.

“Kondisi ini menciptakan peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, bahkan disertai petir di beberapa daerah, terutama pada sore hingga malam hari. Meskipun aliran udara monsun timuran biasanya kering, kelembaban tinggi ini berperan penting dalam memicu peningkatan intensitas curah hujan di wilayah Jawa,” papar BMKG.

Analisa dan pantauan BMKG, bahwa curah hujan di beberapa wilayah bagian utara masih cukup tinggi pada sepekan terakhir. Tercatat hujan dengan intensitas sangat lebat (100-150 mm/hari) dan lebat (50-100 mm/hari) terjadi pada tanggal 17 September 2024 di Stasiun Meteorologi Sultan Iskandar Muda (69.0 mm/hari) dan Stasiun Meteorologi Cut Nyak Dhien Nagan Raya (56.0 mm/hari), Aceh serta di Stasiun Meteorologi Eltari (63.0 mm/hari) dan Stasiun Meteorologi David Constatjin Saudele (60.0 mm.hari), Nusa Tenggara Timur.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network