JAKARTA, iNews Depok.id - UPLAND Project Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar pelatihan publikasi media pada pendamping petani di 13 daerah binaan di seluruh Indonesia. Pelatihan digelar untuk meningkatkan kemampuan pemasaran digital hasil komoditas di daerah masing-masing.
Hal itu disampaikan Project Manajer UPLAND Project Muhammad Ikhwan saat memberikan arahan kepada para peserta dalam pelatihan di Bogor, Jawa Barat. Dia menilai, di zaman yang serba digital, pelatihan pemasaran perlu digalakkan untuk meningkatkan kompetensi para pendamping UPLAND Project.
"Sekarang sudah zamannya digital, konvensional ya mungkin beberapa produk. Meskipun sampai sekarang semuanya sudah beralih ke pemasaran digital, marketplace, online dan macam-macam lah seperti itu," kata Ikhwan dikutip, Rabu (11/9/2024).
Ikhwan menekankan pentingnya pelatihan pemasaran digital di era saat ini. Meskipun beberapa produk pertanian masih menggunakan pemasaran konvensional, dominasi pemasaran digital menjadi sangat penting untuk menjangkau pasar yang lebih luas.
Ikhwan berharap bahwa setelah pelatihan, pendamping dari 13 lokasi UPLAND, termasuk penambahan Cirebon tahun depan, dapat beradaptasi dengan strategi pemasaran digital.
"Perubahan dari pemasaran konvensional ke digital merupakan langkah penting untuk memastikan produk kita dapat bersaing di pasar online," ujarnya.
Pelatihan ini juga diharapkan dapat memberikan bekal yang memadai bagi peserta untuk menerapkan strategi yang telah dipelajari di daerah masing-masing.
Editor : M Mahfud
Artikel Terkait