Santer Isu Maju Pilgub, Kapolda Jateng Dimutasi jadi Irjen Kemenag

Mada Mahfud
Irjen Pol Ahmad Luthfi yang akan menjabat Irjen Kemenag setelah dimutasi dari posisi Kapolda Jawa Tengah. Foto: screen shoot youtube iNews

JAKARTA, iNews Depok.id - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi dimutasi menjadi Irjen Kemenag. Ahmad Luthfi gencar diisukan maju sebagai calon gubernur Jawa Tengah dalam Pilgub 2024.

Mutasi Ahmad Lutfi tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1554/VII/Kep/2024 tertanggal 26 Juli 2026. Mutasi kali ini melibatkan 157 Perwira Tinggi (Pati) dan Perwira Menengah (Pamen) di tubuh Polri

Sebagai Kapolda Jawa Tengah yang baru adalah Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo. Saat ini Ribut Hari Wibowo menjabat Kepala Biro Pembinaan Karier (Karo Bunkar) SDM Polri. 

Ahmad Lutfi diisukan didukung sejumlah parpol maju di Pilgub Jawa Tengah 2024. Poster Ahmad Lutfi tersebar memenuhi penjuru Jawa Tengah. 

Irjen Ahmad Lutfi lahir di Surabaya tanggal 22 November 1966. Ia sudah menjabat Kapolda Jawa Tengah selama lebih dari 4 tahun dari 1 Mei 2020-26 Juli 2024.

Jika dihitung dari posisi sebelumnya sebagai Wakapolda Jawa Tengah, Ahmad Luthi bercokol selama 6 tahun sebagai Pati Polri di Jawa Tengah. Ahmad Lutfi menjabat Wakapolda Jawa Tengah dari 8 Maret 2018-1 Mei 2020.

Ahmad Lutfi termasuk sedikit dari lulusan non-Akpol yang memiliki karier moncer di Polri. Selain Ahmad Lutfi, lulusan non-Akpol yang gemilang di Polri adalah Komjen Rudy Heriyanto Adi Nugroho yang saat ini menjabat Irjen Kementerian Kelautan dan Perikanan. 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network