JAKARTA, iNewsDepok.id - The LEGO Group mengumumkan pembukaan toko LEGO terbesar di Asia Tenggara di Senayan City, Jakarta. Toko baru ini merupakan bagian dari serangkaian komitmen LEGO untuk memperkuat kehadirannya di Indonesia. Termasuk di antaranya adalah donasi sebesar USD 1 juta atau senilai Rp15,9 miliar untuk mendukung pertumbuhan anak Indonesia, lima toko baru tambahan di seluruh Indonesia, dan kantor layanan baru di Jakarta guna memperkuat kerjasama dengan para mitra lokal.
Senior Vice President Asia Pacific The LEGO Group, Claus Kristensen, mengatakan, “Pembukaan toko baru ini menjadi tonggak penting perjalanan The LEGO Group dalam menyebarkan kegembiraan dan kreativitas di seluruh Indonesia. Dengan potensi pasar di Indonesia yang dinamis dan terus berkembang, kami berharap ini dapat memperkuat kehadiran kami menjangkau lebih banyak anak dan menginspirasi para pembangun masa depan."
“Kami telah hadir di Indonesia selama lebih dari 10 tahun melalui berbagai mitra distribusi dan manufaktur serta telah mendapatkan dukungan yang kuat terhadap merek dan bisnis kami. Kami berharap hal ini akan terus berlanjut seiring dengan ekspansi kami kedepannya,” tambah Kristensen.
LEGO Store Terbesar di Asia Tenggara
Toko seluas 365 meter persegi yang berlokasi di Senayan City, Jakarta ini menampilkan pengalaman LEGO yang imersif, salah satunya LEGO Minifigure Factory pertama di Asia Tenggara, dimana pengunjung dapat membuat minifigures LEGO yang dapat dikostumisasi. Toko ini juga menampilkan satu-satunya model balok LEGO 3D dari landmark ikonik Indonesia, seperti Monumen Nasional (Monas) dan Ondel-Ondel serta dinding mosaik tiruan dari Monumen Selamat Datang yang terbuat dari 21.562 balok LEGO dengan tinggi hingga tiga meter.
Senior Vice President Asia Pacific The Lego Group, Claus Kristensen. Foto: Ist
Toko LEGO terbaru ini merupakan satu dari enam toko yang akan diresmikan di tahun 2024, sehingga jumlah total toko LEGO akan menjadi 26 toko yang tersebar di 9 kota di Indonesia. Jumlah ini belum termasuk 300 para mitra ritel yang menjual produk LEGO seperti toko mainan, department store, dan toko online resmi.
Kristensen mengatakan, “Melalui upaya kami dalam mengembangkan jaringan toko LEGO di seluruh Indonesia, kami ingin meningkatkan peluang bagi anak Indonesia untuk mengakses permainan LEGO dan pengalaman autentik merek LEGO, sekaligus menyediakan kesempatan kerja untuk masyarakat Indonesia melalui berbagai mitra ritel kami.”
Investasi 1 Juta Dolar AS untuk Perkembangan Anak
The LEGO Group mengumumkan komitmennya dalam memberi bantuan dana sebesar 1 juta dolar AS melalui LEGO Foundation selama tiga tahun untuk mendukung inisiatif yang khusus dirancang untuk membantu anak-anak dan pengasuh mendapatkan akses yang lebih mudah untuk belajar sambil bermain.
90% dari orang tua di seluruh dunia menyatakan bahwa bermain LEGO telah membantu anak mereka dalam mengembangkan keterampilan hidup yang penting seperti kreativitas (93%), komunikasi (92%), pemecahan masalah (92%), serta kepercayaan diri (91%). Melalui LEGO Play yang mengedepankan permainan, LEGO mendukung para anak dalam membangun keterampilan holistik guna mendukung perkembangan mereka di dunia yang terus berubah.
Manfaat dari belajar melalui bermain juga telah diakui sebagai elemen penting dalam pendidikan anak oleh Pemerintah Indonesia yang juga tertuang dalam resolusi PBB baru-baru ini yang menetapkan adanya Hari Bermain Internasional. Inisiatif global baru ini menekankan bahwa semua anak untuk mempunyai hak untuk mempunyai akses untuk bermain.
Kedepannya, donasi ini akan mendukung berbagai organisasi sosial seperti SOS Children Village, Save the Children Indonesia, Plan Indonesia, dan Ludere Nusantara Gemilang untuk menghadirkan konsep pembelajaran melalui kegiatan bermain kepada anak-anak yang kurang mampu guna memaksimalkan hasil belajar anak dan meningkatkan kesejahteraan mereka.
LEGO 3D Monumen Nasional dan Ondel-Ondel. Foto: Ist
The LEGO Group juga telah menjalin kemitraan dengan organisasi-organisasi tersebut dan telah menjangkau lebih dari 17.450 anak di 100 sekolah dalam waktu 13 bulan terakhir melalui berbagai kegiatan:
- SOS Children’s Village Indonesia: 865 anak menerima manfaat dari integrasi Learning Through Play ke dalam Rencana Pengembangan Individu Anak guna memupuk kepercayaan diri, komunikasi, kerja sama tim, dan pemecahan masalah.
- Save the Children Indonesia bersama The LEGO Group telah membantu sekitar 6.000 anak perempuan untuk membangun kepercayaan diri dan mengembangkan keterampilan sebagai bagian dari inisiatif Play Unstoppable, kampanye luncuran The LEGO Group yang bertujuan mendorong anak perempuan untuk bereksperimen dan mengekspresikan diri secara kreatif.
- Bersama dengan Plan Indonesia mendukung peningkatan kapasitas di 10 sekolah ramah anak di Jakarta melalui pemberian pendidikan inklusif dan berkualitas bagi lebih dari 2.250 anak, khususnya anak perempuan.
- Berkolaborasi dengan Ludere Nusantara Gemilang dalam memberikan pelatihan kepada para guru dan membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mendorong konsep belajar sambil bermain. Lebih dari 90 guru dan sekitar 9.000 anak di 30 sekolah di Bogor, Depok dan Jakarta telah merasakan manfaat dari program ini.
Tingkatkan Investasi dan Presensi Lokal
Sebagai bagian dari komitmen untuk membangun presensi lokal dan mendorong pertumbuhan berkelanjutan di Indonesia, The LEGO Group hari ini juga membuka kantor layanan di Jakarta. dan mengumumkan Cedric Roose sebagai General Manager, India & Emerging Asia (IEA), yang bertanggung jawab atas ekspansi dari presensi perusahaan di Indonesia.
Editor : M Mahfud
Artikel Terkait