Ptosis atau Kelopak Mata Turun: Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Marsaulina Lumbanraja
Ptosis (kelopak mata turun). Foto: Istimewa

DEPOK, iNews Depok.id - Ptosis, atau yang lebih dikenal sebagai kelopak mata turun, adalah kondisi di mana kelopak mata atas turun ke bawah lebih dari yang seharusnya, menimbulkan gangguan estetika dan kadang-kadang mengganggu penglihatan seseorang.

Meskipun mungkin terlihat sebagai masalah kecantikan, ptosis sebenarnya bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius.

Penyebab Ptosis

Ada beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan ptosis. Dalam sebuah artikel yang dipublikasikan oleh Mayo Clinic, disebutkan bahwa ptosis bisa disebabkan oleh faktor-faktor seperti penuaan, cedera mata, penyakit saraf, atau kelainan bawaan.

Dr. Laura Zdziarski, seorang ahli bedah plastik dan rekonstruktif di Northwestern Medicine, menjelaskan kepada Healthline bahwa "ptosis bisa disebabkan oleh penurunan atau lemahnya otot yang mengontrol kelopak mata, atau bisa juga disebabkan oleh kerusakan saraf."

Gejala Ptosis

Gejala utama ptosis adalah turunnya kelopak mata atas, yang bisa membuat seseorang terlihat lelah atau mengantuk secara konstan. Selain itu, ptosis juga dapat menyebabkan sulit membuka mata sepenuhnya, membuat penglihatan terganggu. "Seringkali, penderita ptosis akan mengangkat alis atau mengangkat dagu secara tidak sadar untuk mencoba membuka mata mereka," ungkap Dr. Zdziarski.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network