Waspada Kasus KLB Polio, Ketahui Pencegahan dan Gejala Polio

Marsaulina Lumbanraja
Ilustrasi KLB Polio. Foto: Istimewa

Pencegahan Polio

Polio dapat menyerang siapa saja, terutama anak - anak. Kasus polio yang baru - baru terjadi di dominasi oleh anak - anak yang berada pada rentang usia 1 - 7 tahun. Apabila diabaikan, polio dapat menyebabkan kelumpuhan permanen (biasanya di kaki) dan 5-10% diantaranya dapat meninggal dunia karena pelumpuhan otot pernapasan oleh virus.

Upaya untuk mencegah polio dapat dilakukan dengan imunisasi atau vaksinasi lengkap sesuai usia, yaitu imunisasi polio tetes (OPV) 1, 2, 3, dan 4 bulan, imunisasi polio suntik (IPV) yang diberikan pada anak usia 4 bulan - sebelum 1 tahun. Imunisasi polio tetes dapat memberikan perlindungan terhadap tiga tipe virus polio, yaitu tipe 1, 2, dan 3. Imunisasi polio suntik dapat memberikan perlindungan terhadap dua tipe virus polio, yaitu tipe 1 dan 3.

Selain imunisasi, pencegahan polio juga dapat dilakukan dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, seperti mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan sesudah buang air, meminum air yang bersih dan aman, serta menghindari kontak dengan orang yang terinfeksi polio.

Demikian artikel kesehatan mengenai waspada kasus KLB polio - ketahui pencegahan dan gejala polio. Semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencegah penyebaran polio di Indonesia. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait polio, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Editor : M Mahfud

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network