Dinkes DKI Jakarta: Mayoritas Penderita Cacar Monyet Sudah Positif HIV

M Syaiful Amri
Pasien Cacar Monyet di DKI Jkarta sudah capai 25 kasus, semua pasien tertular melalui kontak seksual. Foto : Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengungkapkan, bahwa mayoritas kasus aktif cacar monyet (Mpox) di Jakarta sudah positif terjangkit Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan penyakir seksual.

“Ada 24 kasus aktif hingga saat ini mayoritas dengan HIV positif, ada tiga yang tidak memiliki komorbid sama sekali, ada yang HIV negatif namun dengan sifilis,” kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ngabila Salama, Jumat 3 November 2023.

Menurut Ngabila, salah satu yang penting setelah terdiagnosis yakni proses tracing atau penelusuran sebanyak-banyaknya, khususnya pada kontak seksual pasien selama 21 hari ke belakang sebelum terdiagnosis.

"Itu menjadi salah satu kunci tidak meluasnya penyebaran cacar monyet. Karena pada saat terkena mpox positif secara pararel, Dinkes DKI melakukan pemeriksaan HIV dan infeksi menular seksual lain,” ujarnya.

Ngabila mencatat, sejauh ini di DKI total terdeteksi 25 kasus cacar monyet. Adpun mayoritas semua penderita berjenis kelamin laki-laki yang didominasi bergejala ringan. 

"Total 25 orang, semua laki-laki berusia 25-50 tahun, hanya dua kasus 45-70 tahun,” ucapnya.

"Dari 25 kasus tersebut, satu orang sudah dinyatakan sembuh, sedangkan 24 kasus lainnya merupakan kasus positif aktif yang saat ini masih menjalani perawatan intensif dan isolasi di rumah sakit," pungkasnya.

Editor : M. Syaiful Amri

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network