Tergoda Pizza Saat Diet? Ini 4 Tips Membuat Pizza Sehat, Ramah untuk Penurunan Berat Badan

Kartika
Tergoda pizza saat diet? Berikut ini 4 tips membuat pizza sehat yang ‘ramah’ untuk penurunan berat badan. Foto ilustrasi: Freepik
  1. Membuat saus pizza sendiri

Saat ini banyak pilihan saus pizza dan pasta tomat siap pakai di pasaran. Saus pizza maupun pasta tomat juga mudah disimpan sehingga kita mudah menyiapkan pizza di rumah.

Tapi, jika sedang menjalani diet penurunan berat badan sebaiknya mencoba membuat saus pizza sendiri rumah. Pasalnya, makanan siap saji seringkali tinggi garam, gula, lemak dan zat aditif.

Jika membuat saus pizza sendiri di rumah kita bisa memastikan hanya bahan-bahan berkualitas baik yang digunakan. Tomat mengandung serat, vitamin dan mineral yang membantu manajemen penurunan berat badan.

Tambahkan beberapa herba kering seperti oregano, timi, basil, rosemary dan lain-lain ke dalam saus. Bahan-bahan tersebut tidak hanya memberikan rasa nikmat, tetapi juga baik untuk kesehatan karena sebagai sumber mineral seperti zat besi dan seng.

  1. Batasi penggunaan keju, ganti dengan panir

Gunakan panir tidak hanya sebagai topping, tetapi juga pengganti keju dalam pizza. Umumnya keju di pasaran diproses secara ultra, sehingga tinggi natrium dan kalori yang tidak memberikan banyak manfaat.

Jika ada keju organik dengan sedikit bahan aditif, maka bisa digunakan dalam jumlah kecil untuk pizza. Mozzarella dan feta dianggap lebih sehat dibandingkan jenis keju lainnya.

Tapi yang umum tersedia adalah panir (keju cottage), yang rendah kalori dan kaya protein, kalsium dan nutrisi lainnya. Panir adalah salah satu makanan terbaik yang dapat ditambahkan dalam diet penurunan berat badan dan dijadikan sebagai keju untuk pizza.

  1. Tambahkan topping pizza rendah karbohidrat

Masukkan sayuran segar atau panggang, termasuk capsicum, bawang, zucchini, zaitun dan lain-lain. Sayuran tersebut akan meningkatkan nilai nutrisi hidangan secara keseluruhan.

Untuk meningkatkan kandungan protein, tambahkan kacang atau potongan kedelai. Non-vegetarian sebaiknya menghindari sosis dan daging olahan saat berdiet. Sebagai gantinya taburi pizza dengan ayam rebus atau panggang untuk kesenangan yang sehat.

Demikianlah tips membuat pizza sehat yang ‘ramah’ untuk penurunan berat badan. Selamat mencoba!

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network