Tergoda Pizza Saat Diet? Ini 4 Tips Membuat Pizza Sehat, Ramah untuk Penurunan Berat Badan

Kartika
Tergoda pizza saat diet? Berikut ini 4 tips membuat pizza sehat yang ‘ramah’ untuk penurunan berat badan. Foto ilustrasi: Freepik

DEPOK, iNewsDepok.id - Tergoda pizza saat diet? Berikut ini 4 tips membuat pizza sehat yang ‘ramah’ untuk penurunan berat badan. Pizza ini mudah dibuat sendiri di rumah dan tentunya tidak kalah lezat, yang tentunya mengonsumsinya tanpa rasa bersalah.

Pizza memang makanan favorit banyak orang, tapi mereka yang sedang diet penurunan berat badan sebaiknya menghindari menu tersebut. Pasalnya, umumnya pizza dibeli di gerai makanan cepat saji maupun versi beku di toko, yang minim nilai nutrisi.

Menu tersebut dipenuhi dengan bahan ultra-olahan sekaligus tinggi kalori, cenderung mengandung lemak tidak sehat, banyak garam dan aditif buatan. Pizza diklasifikasikan sebagai makanan cepat saji, yang jika sering dikonsumsi dikaitkan dengan risiko obesitas, diabetes dan masalah kesehatan lainnya.

Jika ingin makan pizza saat berdiet, sebaiknya pilihlah pizza yang lebih sehat yang lebih ‘ramah’ dikonsumsi oleh mereka yang sedang menurunkan berat badan. Membuat pizza di rumah menjadi langkah tepat karena bisa mengontrol jenis dan jumlah bahan yang digunakan.

Berikut ini 4 tips membuat pizza yang lebih sehat yang mudah diolah sendiri di rumah, seperti dilansir iNewsDepok.id dari FoodNDTV pada Jumat (4/8/2023):

4 Tips Membuat Pizza Sehat

  1. Gunakan bahan pengganti tepung yang kaya nutrisi untuk bahan dasar pizza

Sebaiknya menggunakan bahan pengganti tepung yang kaya nutrisi untuk bahan dasar pizza, Kita dapat menggunakan berbagai jenis bahan sebagai pengganti tepung halus untuk bahan dasar pizza.

Bahan dasar pizza biasanya menggunakan tepung halus (maida). Bahan ini sangat tidak cocok bagi mereka yang sedang menurunkan berat badan karena rendah nutrisi dan serat, sekaligus menyebabkan lonjakan berat badan.

Karena itu, bahan dasar pizza ini bisa diganti dengan alternatif lain yang lebih baik seperti oat, kembang kol, bincis, campuran biji-bijian dan lain-lain. Jika ingin bahan dasar kaya protein pilih bahan dasar pizza moong dal.

Menggunakan tepung millet sebagai bahan dasar pizza juga ide bagus. Millet memiliki indeks glikemik yang rendah dan seratnya cukup tinggi, sehingga selain membuat kenyang, juga memberikan nutrisi dan antioksidan.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network