Ultah Ke-48, Bina Desa Dukung Masyarakat Desa Yang Mandiri

Tama
Mengusung tema 'Kiprah Bina Desa dalam Pembangunan Pedesaan', dalam rangka ulang tahunnya, Bina Desa menyelenggarakan 'Bincang Syukuran 48th Bina Desa' bertempat di Kedai Tempo, Sabtu (8/7/2023). Foto: Ist

Menurut Muhammad Fachri  Kemendes PDTT terus berusaha melibatkan sumber daya insani pedesaan pada forum-forum Musyawarah tingkat desa agar terwujud pembangunan yang bersifat bottom to the top (bawah ke atas) di mana dalam UU No. 6 Tahun 2014 itu juga disebutkan desa dapat mengelola pendanaan secara mandiri.

"Saat ini sebagai salah satu upaya mendorong pembangunan desa Kemendes PDTT bersama ASEAN Secretary, AsiaDHRRA, dan Bina Desa juga berkolaborasi dalam perencanaan master plan SOMRDPE," ujar Fachri.

Kolaborasi serupa ini juga dapat dilakukan melalui program pendamping desa, di mana menurut Rusdin M. Nur, pendamping desa memiliki dua tugas utama, yakni peningkatkan partisipasi dan melaksanakan pemberdayaan masyarakat pedesaan.

"Hingga hari ini tantangan terbesar adalah wilayah pendampingan yang luas (satu pendamping bisa mengampu dua hingga empat desa) sehingga pendampingan tidak bisa optimal dilakukan (kurang menyentuh masyarakat). Maka di sinilah potensi organisasi masyarakat sipil seperti Bina Desa dapat mengambil peran dalam mendukung pemberdayaan masyarakat," kata Rusdin.

Pada kesempatan itu Rusdin M. Nur juga berharap Bina Desa dan pemerintah dapat berkolaborasi lebih banyak karena berada di perspektif yang hampir sama.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network