JAKARTA, iNewsDepok.id – Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 di Kota Jakarta merupakan rangkaian perdana dari Pameran yang akan dilaksanakan pada 16 Kota/Kabupaten.
Ini merupakan tahun ketiga dilaksanakannya program unggulan Kemenparekraf dalam rangka membangkitkan kembali perekonomian pelaku ekonomi kreatif dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Super Mentor AKI 2023, menyampaikan, “Saya lihat dari kunjungan ke 20 booth pameran AKI Jakarta, produknya sudah siap menjadi ikon produk lokal Indonesia yang mendunia, keren, dan ikonik banget karena ada usaha mainan Ketapel dari subsektor Kriya.”
Sandiaga Uno juga mengajak pengusaha atau pelaku ekonomi kreatif untuk menerapkan prinsip: 3SI INOVASI –ADAPTASI – KOLABORASI.
Kemenparekraf juga sedang meningkatkan terus untuk digitalisasinya.
Saat ini UMKM yang sudah terdigitalisasi on boarding dalam platform e-commerce telah mencapai 20 juta di akhir tahun 2023 dari yang ditargetkan sebesar 30 juta sampai awal 2024.
Pada pelaksanaan Pameran AKI 2023 Jakarta, Menparekraf melaksanakan Creative Talkshow bersama Ummi Quarry, seorang komedian yang dulunya pemain Lenong Bocah Betawi.
Kemenparekraf selalu mendukung ekosistem ekonomi kreatif di Jakarta, baik dari pengembangan tempat maupun pengembangan sumber daya manusia.
Pameran AKI 2023 Jakarta dilaksanakan di Lippo Mall Kemang sebagai salah satu tempat pembelanjaan besar di Jakarta Selatan.
Dengan demikian diharapkan bisa menjadi wadah promosi yang maksimal untuk produk dan karya terpilih, sehingga pendapatan akan meningkat dan UMKM Kreatif naik kelas.
Dengan tema "PRODUK INDONESIA UNTUK EKONOMI KUAT”, tujuan program AKI di antaranya memberikan kontribusi ekonomi melalui ekonomi kreatif pasca pandemi, mencari & menciptakan “ikon” produk ekraf baru yang bisa melekat di masyarakat, bahkan bisa mendunia, dan mendorong daya beli masyarakat dan mendukung kampanye pemerintah #BanggaBuatanIndonesia.
Adapun manfaat yang bisa dirasakan peserta adalah membangun jejaring dan database, produk atau karya terpublikasikan, dan memperluas pangsa pasar.
AKI 2023 terdiri dari dua agenda utama: Bootcamp (peningkatan kapasitas) dan Pameran (menampilkan dan transaksi jual beli produk kreatif).
Jarak pelaksanaan Bootcamp dan Pameran sekitar satu bulan. Pelaksanaan program ini berada di 16 Kota/Kabupaten Indonesia, yang terdiri dari: Jakarta – Karawang – Sukabumi – Situbondo – Mojokerto – Kudus – Purwokerto – Kupang – Bengkulu – Bangka – Batam – Samarinda – Palangkaraya – Manado – Gorontalo – Jayapura.
Finalis AKI 2023 merupakan hasil dari kurasi dengan total pendaftar 7.041. Adapun total finalis dari 16 Kabupaten/Kota adalah 428 yang terdiri dari subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi/games, film, dan musik.
Untuk diketahui, acara AKI 2023 tidak akan berakhir sampai pameran di Kota/Kabupaten masing-masing saja, tapi, salah satu Finalis per kota akan berkesempatan memiliki pengalaman pameran Nasional di PEKAN PUNCAK AKI 2023.
Editor : M Mahfud
Artikel Terkait