get app
inews
Aa Read Next : BRI Kanca TB Simatupang Gandeng Homegram Hive Five Bantu UMKM Masuk Pasar Digital

UMKM Lokal Asli Karawang Mendominasi Pameran AKI 2023 di Karawang

Senin, 02 Oktober 2023 | 09:45 WIB
header img
Ada 27 pelaku ekonomi kreatif yang mengikuti pameran AKI di Karawang, 10 diantaranya UMKM lokal asli Karawang. Foto: Kemenparekraf RI

KARAWANG, iNewsDepok.id – Puluhan pelaku usaha ekonomi kreatif dari berbagai daerah, tampil dalam pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 yang dihelat di Resinda Park Mal Karawang, Jawa Barat.

Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas Kemenparekraf RI, Restog Krisna Kusuma menyampaikan, pameran AKI di Karawang merupakan pelaksanaan pameran yang ke-14 dari total 16 titik di berbagai daerah di Indonesia yang telah ditentukan.

Terdapat 27 pelaku ekonomi kreatif yang mengikuti pameran AKI di Karawang, di mana 10 diantaranya merupakan pelaku UMKM lokal asli Karawang, mulai dari kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film, dan musik.

“Dari 27 finalis di pameran Karawang ini, 10 dari Karawang, artinya Karawang cukup mendominasi. Para finalis ini merupakan best of the best dari yang kita kurasi sebanyak 7.041 pendaftar dengan total finalis 433 pelaku usaha kreatif,” seru Restog.

Ditegaskannya, pameran AKI 2023 tidak akan berakhir sampai pameran di level Kota/Kabupaten, tapi para finalis dari masing-masing kota akan dipilih kembali untuk mengikuti pameran nasional di Pekan Puncak AKI 2023.

Direktur Kuliner Kriya Desain dan Fesyen Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Yuke Sri Rahayu menambahkan, output dari pameran ini diharapkan bisa membuat pelaku UMKM kreatif bisa naik kelas.

Sebab, sebelum ditampilkan dalam pameran AKI 2023, para peserta di-mentoring dan dilakukan choacing clinic mulai dari kemasan produknya, kebersihan maupun kualitas mutunya.

“Kita harapkan melalui pameran ini, produk para pelaku ekonomi kreatif bisa lebih dikenal masyarakat luas. Kami juga mengajak masyarakat Karawang untuk bisa turut membeli produk mereka,” ujar Yuke.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut