JAKARTA, iNewsDepok.id - Di tengah tantangan resesi ekonomi dan biaya hidup yang kian meningkat di tahun 2023 ini, ceria, menyenangkan, atau fun rupanya akan menjadi kunci utama untuk bisa mencuri hati konsumen Indonesia.
Hal itu terungkap dalam pemaparan hasil Riset Mintel yang digelar di The Westin Hotel, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa 28 Februari 2023.
Mintel merupakan perusahaan intelijen pasar terkemuka di dunia yang menganalisis konsumen, pasar, inovasi produk, dan lanskap persaingan sehingga memberikan perspektif yang unik mengenai kondisi ekonomi global dan lokal.
Riset Mintel Global Consumer mengungkapkan bahwa satu dari tiga (33%) konsumen Indonesia merasa kondisi keuangan mereka cukup baik, namun tidak memiliki cukup tabungan karena sudah habis untuk memenuhi berbagai kebutuhan dasar.
Meskipun begitu, ketertarikan konsumen Indonesia untuk mencoba hal baru (adventure) dan menyenangkan (playfulness) masih akan tetap ada.
Kategori Makanan dan Minuman
Heng Hong Tan, Senior Food and Drink Analyst, APAC menjelaskan bahwa konsumen akan cenderung menghibur diri dengan memilih produk makanan dan minuman yang enak di masa-masa sulit, tapi sayangnya produk makanan dan minuman yang enak atau menyenangkan, kerap dipasarkan sebagai produk yang berdosa atau tidak sehat.
"Brand bisa menggunakan cara baru dalam mempromosikan rasa enak pada produknya ke konsumen sehingga bisa dikonsumsi di rumah tanpa rasa bersalah (unguilty pleasure),” sebut Heng Hong.
“Industri makanan dan minuman juga perlu menciptakan kesan 'fun' dalam membuat inovasi karena kebanyakan konsumen saat ini, yaitu Milenial dan Gen Z tidak hanya tertarik pada rasa tapi juga menginginkan experience yang menarik untuk dapat terpikat terhadap suatu produk makanan dan minuman,” tambahnya.
Editor : M Mahfud
Artikel Terkait