BMKG Minta Masyarakat Waspada Hujan Lebat di Sebagian Wilayah Indonesia

Putri Nabila
BMKG prediksi sebagian wilayah Indonesia akan diguyur hujan lebat pada Senin (30/1/2023). Foto: Putri Nabila/iNewsDepok

JAKARTA, iNewsDepok.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan sebagian wilayah Indonesia akan diguyur hujan deras pada Senin (30/1/2023). Hal ini disebabkan karena peningkatan angin Mosun Asia bisa mempengaruhi cuaca di Indonesia.

“Berdampak terhadap peningkatan curah hujan khususnya di wilayah Indonesia bagian barat dan tengah,” jelas prakirawan BMKG, Syndhy Indah Pratiwi dalam akun sosial media Info BMKG, Minggu (29/1/2023) malam.

“Selain itu juga terpantau gelombang ekuator Rossby yang berpotensi aktif di wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan Papua bagian Selatan,” sambungnya.

Menurut hasil numerik prediksi pemodelan cuaca khususnya di wilayah barat tengah dan selatan Indonesia, mengatakan Sumatra bagian Utara memiliki potensi hujan dengan intensitas lebat.

Lalu, Kepulauan Riau, sebagian besar Jawa-Bali, Nusa Tenggara Barat, sebagian besar Kalimantan Sulawesi bagian tengah dan selatan Maluku Utara, serta sebagian besar wilayah Papua.

Syndhy menjelaskan, terdapat bibit siklon tropis 94S terpantau berada di Samudra Hindia Barat Daya Lampung. Sistem ini memiliki kecepatan angin maksimum 25 knot dan tekanan udara minimum 102 milibar, yang bergerak ke arah barat daya atau yang menjauhi wilayah Indonesia.

“Dengan kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan gelombang tinggi di sekitar wilayah bibit siklon tropis,” ujarnya.

Syndhy melanjutkan, juga terdapat bibit siklon tropis 98W terpantau berada di Selat Karimata sebelah barat Kalimantan Barat.
 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network