Inilah 5 Buah Pemicu Asam Urat, Terutama bila Dikonsumsi Berlebihan

Diana/Kartika
Inilah 5 Buah Pemicu Asam Urat, Terutama Bila Dikonsumsi Berlebihan. Foto: Pixabay/Gerhard

DEPOK, iNewsDepok.id - Buah-buahan bagi banyak orang memang menyehatkan, tetapi 5 buah ini justru bisa memicu kekambuhan asam urat bagi penderitanya. Karena itu, penderita asam urat harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi termasuk buah-buahan yang dikonsumsi setiap hari.

Beberapa buah bisa menyebabkan asam urat karena kandungan fruktosa yang tinggi. Fruktosa ini yang memberikan rasa manis alami pada buah-buahan dan juga sayur-sayuran.

Berdasarkan sebuah penelitian, para peneliti melaporkan korelasi antara makanan tinggi fruktosa dan gejala asam urat, yang dapat mencakup nyeri kronis.

Namun, bukan berarti tidak boleh makan buah-buahan ini. Tetapi pastikan terutama jika menderita asam urat, sebaiknya mengonsumsi buah-buahan berikut ini dalam jumlah sedang.

Di sisi lain, asam urat akan menyebabkan persendian membengkak dan menjadi lunak hingga nyeri kronis. Namun, memperhatikan pola makan akan membantu meringankan gejala.

Lantas buah-buahan apa saja yang bisa memicu asam urat? Berikut 5 buah-buahan yang dapat memicu asam urat, seperti dilansir dari Everyday Health, pada Minggu (21/1/2023):

  1. Anggur

Anggur mengandung fruktosa dan asam urat dalam jumlah tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan asam urat kambuh dan memicu rasa nyeri terus menerus.

  1. Persik

 

Persik mengandung oksalat yang sangat tinggi. Oksalat umumnya terlihat dalam jus buah dan harus dihindari penderita asam urat lantaran jika bercampur dengan kalsium di ginjal akan menyebabkan batu ginjal. Sedangkan tubuh membutuhkan ginjal untuk membuang kelebihan asam urat.

  1. Apel

Apel mengandung fruktosa alami dalam jumlah yang tinggi. Terlalu banyak konsumsi apel bisa semakin memperburuk kondisi asam urat.

  1. Kismis

Kismis terbuat dari buah anggur yang mengandung purin. Mengonsumsi makanan kaya purin dapat meningkatkan masalah asam urat dan juga meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Buah-buahan kering ini harus dihindari sepenuhnya oleh orang yang menderita asam urat.

  1. Kurma

Kurma adalah buah rendah purin namun mengandung fruktosa dalam jumlah tinggi. Mengonsumsi kurma bisa berisiko karena dapat menyebabkan asam urat dalam darah tinggi.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network