get app
inews
Aa Read Next : Cerita Sedih Nania Idol Dijauhi Teman-Temannya saat Kembali Mualaf

Pertanyaan Sederhana Ini Membawa Nania Yusuf Kembali Masuk Islam

Senin, 23 Mei 2022 | 07:33 WIB
header img
Nania Yusuf. Foto: Instagram

JAKARTA, iNewsDepok.id - Penyanyi jebolan Indonesian Idol Nania Yusuf kembali masuk Islam setelah 12 tahun menganut agama Kristen. Ia mengucapkan dua kalimat syahadat di bawah bimbingan Gus Miftah pada Sabtu (21/5/2022).

Nania mengatakan, keinginannya untuk menjadi mualaf sebetulnya datang sekitar tiga tahun terakhir.

"Pas lagi diam saya sering berpikir, 'Nanti kalau misalnya meninggal, saya mau dimakamkan secara Islam atau Kristen?' Karena bagaimanapun keluarga besar belum menerima saya sebagai Kristen," ujar Nania, dikutip dari channel YouTube Official NitNot, Senin (23/5/2022).

Menurut Nania, orangtuanya berusaha menerima dirinya menjadi Kristen, meski ia tahu restu itu tak sepenuhnya ia dapatkan. 

Saat Ramadan 2022, pelantun Cintaku Bukan Begini ini pulang ke rumah dan berkesempatan memijat sang ibu.

"Saat itu, timbul pertanyaan di hati saya, 'Nanti, kalau mami meninggal, siapa yang memandikan dan menyalatkan jenazah beliau?'," tambah Nania. 

Pertanyaan sederhana itu, menghantui perasaannya. Ia kemudian berusaha mengosongkan hatinya dan saat itulah ia memutuskan untuk kembali memeluk Islam. 

Keinginan untuk menjadi mualaf kemudian disampaikan Nania Yusuf pada kedua orangtuanya. Saat itu, kedua orangtuanya terlihat begitu lega.

"Mereka jadi enteng. "Saya akan menjadikan yang kemarin sebagai pengalaman hidup. Tolong doakan saya bisa istiqomah dengan Islam sampai akhir hayat."


Nania Yusuf mengucapkan dua kalimat syahadat di bawah bimbingan Gus Miftah. Foto: tangkapan layar YouTube NitNot Official

Sementara Gus Miftah yang membimbing Nania Yusuf mengucapkan dua kalimat syahadat mengaku, sudah bisa menebak sang penyanyi akan kembali ke Islam saat pertama berkenalan pada Ramadan 2021. 

"Waktu itu, saya bilang dalam hati kayaknya anak ini akan kembali Islam. Ada feeling saja. Saya nggak pernah ajak dia, cuma saya doakan. Lalu manajer beliau telepon dan bilang Nania Yusuf akan kembali ke Islam," ujar Gus Miftah.

Dalam proses Nania kembali menjadi muslimah, Nania mengenakan busana hitam dan selendang putih. Nania duduk di sebelah Gus Miftah yang siap menuntunnya masuk Islam.

Sebelum syahadat diucapkan, Gus Miftah memastikan terlebih dahulu bahwa niat baik Nania bukan karena adanya paksaan semata.

"Perkenankan saya menuntun mbak Nania Kurniawati Yusuf, beliau ingin kembali menjadi seorang muslim. saya tanyakan gak ada paksaan kan?," ucap Gus Miftah.

"Tidak," jawab Nania singkat.

Tak berapa lama, Gus Miftah pun melafalkan Syahadat yang turut diikuti oleh Nania. Tak hanya dalam bahasa Arab, Nania juga melontarkan kalimat tersebut dengan bahasa Indonesia.

"Saya bersaksi dengan sebenar-benarnya bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah, dan saya bersaksi dengan sebenarnya-benarnya bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah," kata Nania.

Nania langsung mengucap syukur Alhamdulillah dan seketika menangis tersedu-sedu. Penyanyi jebolan Indonesian Idol itu mengaku sangat lega ketika pada akhirnya resmi memeluk agama Islam lagi.

"Plong banget, berasa kaya gak ada beban. Semua itu perjalanan yang gak bisa saya hindari. Di sini saya mau mengatakan bahwa ini bikin saya lebih lega dan enteng," ujar Nania

Sebagai informasi, Nania lahir dari keluarga pemeluk agama Islam. Tapi setelah melalui pengalaman spiritual, Nania memutuskan untuk berpindah agama Kristen, sementara sang anak tetap mengikuti keyakinan keluarganya yakni Islam.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut