get app
inews
Aa Read Next : Bangun Klaster Agribisnis, Kementan Dorong Petani Milenial Tumbuhkan P4S

Kelahiran Sunan Giri dan Kisah Penyebaran Islam di Banyuwangi pada Abad 15

Kamis, 05 Mei 2022 | 11:51 WIB
header img
Para peziarah saat keluar dari area Makam Sunan Giri, Gresik. (Foto: Sindonews/Ashadi Iksan)

BANYUWANGI, iNews Depok.id - Syeikh Maulana Ishak merupakan ayah dari Sunan Giri dengan ibu Dewi Sekardadu. Sunan Giri lahir pada tahun 1442 H. Saat kecil Sunan Giri dikenal dengan nama Raden Paku atau Joko Samudro.

Pernikahan Syekh Maulana Ishak dengan Dewi Sekardadu adalah kisah penyebaran Islam di Banyuwangi. Saat itu Banyuwangi atau Blambangan masih didominasi agama Hindu dan Budha. 

Kisah Islamisasi Banyuwangi adalah sebagai berikut. Syeikh Maulana mendapat tugas dakwah Islam dari Sunan Ampel ke Blambangan. Keduanya merupakan saudara sepupu dan telah bersahabat sejak lama.  

Hal ini yang membuat Maulana Ishak menerima permintaan Sunan Ampel untuk menyebarkan Islam di Blambangan. Dikisahkan pada buku "Sunan Giri" tulisan Umar Hasyim, bumi Blambangan masih dihuni penduduk mayoritas Hindu dan Buddha yang begitu kental.  

Sesampainya di Blambangan, Maulana Ishak yang mengetahui beratnya memulai menyebarkan Islam kemudian berdoa dan bertafakur kepada Allah SWT di sebuah tempat. 

Tempat itu konon kini diberi nama Gunung Selangu. Disitulah ayah dari Sunan Giri memanjatkan doa dan meminta petunjuk agar masyarakat bumi Blambangan bisa memeluk agama Islam. 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut