get app
inews
Aa Read Next : BPK Sampaikan Penguatan Akuntabilitas Keuangan Negara Selama Satu Dekade Terakhir

Jokowi ke Pasar Cisarua, Mahasiswa Nekat Akan Menunggunya di Patung Kuda

Kamis, 21 April 2022 | 16:42 WIB
header img
BEM-UI dan Aliansi Mahasiswa Indonesia berdemonstrasi di Patung Kuda, Kamis (21/4/2022), karena jalan ke istana diblokade polisi. Foto: iNews Depok

JAKARTA, iNewsDepok.id - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) dan Aliansi Mahasiswa Indonesia, kecewa.

Pasalnya, selain tujuan mereka untuk berdemo di Istana Negara dihalangi polisi dengan memasang blokade kawat berduri di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, juga karena mereka mendapat kabar bahwa Presiden Jokowi ke luar kota.

Mereka pun bertekad untuk bertahan di kawasan Patung Kuda tempat di mana mereka menggelar unjuk rasa, Kamis (21/4/2022), hingga Jokowi datang menemui mereka.

"Kami mendapat kabar kalau Pak Jokowi sedang berada di luar kota, padahal kita datang untuk menemuinya dan menyampaikan tujuh tuntutan," kata salah seorang orator dari mobil komando.

Terdengar sahutan "Huuuuu ....!" dari mahasiswa peserta aksi.

Orator itu bertanya, apakah mereka semua sepakat untuk bertahan hingga Jokowi pulang menemui mereka?

"Sepakaaat ....!!" jawab mahasiswa.

Orator itu mengatakan bahwa mereka akan tetap di situ, di Patung Kuda yang berada di mulut Jalan Medan Merdeka Barat, hingga Jokowi menemui mereka atau polisi membuka barikade kawat berduri, dan membiarkan mereka bergerak menuju istana.

"Kita tunjukkan bahwa kita sungguh-sungguh dengan aksi ini! Kita tidak gentar dengan pagar kawat berduri yang dipasang!" kata orator lagi.

Ratusan mahasiswa itu mulai berdatangan di Jalan Medan Merdeka Selatan, persis di depan Monas, sekitar pukul 13:30 WIB. Mereka datang dengan menggunakan bus pariwisata sewaan dan kendaraan pribadi.

Mahasiswa yang berasal dari berbagai kampus itu, termasuk dari Universitas Trisakti dan Universitas Bung Karno, kemudian longmarch menuju Istana Negara di Jalan Medan Merdeka Utara, persis di seberang Monas dari tempat mereka berkumpul, tetapi dihadang pagar betis aparat di ujung Jalan Medan Merdeka Selatan yang menuju Jalan Medan Merdeka Barat tempat Patung Kuda berada.

Mahasiswa sempat bernegosiasi dengan polisi agar mereka diizinkan lewat, tapi gagal. Mahasiswa pun kemudian mendobrak pagar betis itu, sehingga polisi tercerai berai, dan memasuki Jalan Medan Merdeka Barat, karena jalan itu menuju Istana.

Namun, tak jauh dari Patung Kuda, tepatnya di bawah jembatan penyeberangan orang (JPO), polisi telah memasang blokade kawat berduri, sehingga langkah mahasiswa kembali tertahan.

Mahasiswa sempat berteriak-teriak agar blokade itu dibuka, tapi tak dihiraukan polisi, sehingga mau tak mau mahasiswa harus berdemonstrasi di situ 

Mahasiswa tidak berani mendobrak pagar kawat berduri itu, karena selain berlapis-lapis, juga di baliknya ada banyak polisi dan Polwan yang telah siaga, serta terdapat beberapa kendaraan taktis polisi yang disiagakan, seperti mobil baracuda dan water cannon.

Aksi yang digelar mahasiswa ini merupakan lanjutan dari aksi pada 14 April lalu di gedung DPR. Mereka menilai Presiden Jokowi dan wakilnya, Ma'ruf Amin, gagal menyejahterakan rakyat, sehingga mereka menolak masa jabatan Jokowi diperpanjang menjadi 3 periode, dan bahkan mendesak agar Jokowi segera mengundurkan diri.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, hari ini Jokowi melakukan kunjungan ke Pasar Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Editor : Rohman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut