get app
inews
Aa Text
Read Next : Desain Demokratis di Atas Meja: Bagaimana Daniel Yngvesson Membawa Filosofi IKEA ke Dunia Kuliner

Ternyata Begini Inovasi Guardian dan IKEA untuk Terus Tumbuh di Indonesia

Kamis, 11 Desember 2025 | 08:34 WIB
header img
Inovasi Guardian dan IKEA tumbuh di Indonesia. Foto: Novi

JAKARTA, iNews Depok.id – Ternyata begini inovasi Guardian dan IKEA tumbuh di Indonesia. Dua perusahaan ritel modern ini bernaung di bawah PT DFI Retail Nusantara Tbk (DFI Nusantara).

Guardian berhasil mencetak sejarah sebagai peritel Kesehatan & Kecantikan pertama di Indonesia yang meraih Sertifikasi Halal dari LPPOM MUI.

"Sebagai peritel kesehatan dan kecantikan bersertifikat Halal pertama, ini menegaskan kembali komitmen kami untuk melayani pelanggan dengan integritas, keamanan, dan kualitas yang dapat mereka andalkan," ujar Anna Hull, Managing Director Guardian Indonesia dalam keterangan tertulis, Kamis (11/12/2025)

Lebih lanjut, Guardian juga meluncurkan Konsep Toko Baru yang Digital dan Interaktif di lokasi premium seperti Grand Indonesia dan Plaza Indonesia. 

Konsep hybrid digital-fisik ini menampilkan layar interaktif, alat rekomendasi produk yang dipersonalisasi, serta area kecantikan premium, mengubah pengalaman belanja konvensional menjadi lebih imersif dan nyaman.

Pada September 2025, IKEA Indonesia mencapai tonggak digital besar dengan peluncuran toko resminya di Shopee.

Inisiatif ini tidak hanya memperluas jangkauan IKEA ke jutaan pelanggan baru di seluruh negeri, tetapi juga memberikan kontribusi penjualan yang berdampak langsung.

Charlie Landale, Managing Director IKEA Indonesia, menyoroti pencapaian ini, "Menjadi salah satu dari hanya dua negara IKEA di dunia yang diizinkan beroperasi di beberapa marketplace, merupakan pencapaian yang luar biasa. Hasil awal Shopee telah melampaui ekspektasi dan akan menjadi mesin pertumbuhan utama untuk Tahun Penuh 2026 dan seterusnya."

Selain ekspansi digital, IKEA Indonesia juga terus memperkuat perannya dalam rantai pasokan global, dimana produk yang diekspor ke lebih dari 60 negara, setara dengan dua kali lipat volume impor IKEA ke Indonesia. 

Melalui program Teras Indonesia, IKEA telah mendukung lebih dari 1.000 UMKM dengan menyediakan ruang toko gratis dan program pengembangan kapasitas.

DFI Nusantara menekankan komitmennya pada tiga pilar utama keberlanjutan: Pelanggan, Produk, dan Planet.

Pelanggan: Memberdayakan kehidupan melalui peningkatan kesehatan (Guardian) dan program pengembangan kewirausahaan (IKEA Social Entrepreneurship Accelerator), serta berinvestasi dalam pengembangan karyawan.

Produk: Memastikan produk berkualitas tinggi, terpercaya, dan berkelanjutan, serta mengurangi limbah kemasan.

Planet: Menurunkan jejak karbon melalui inisiatif penghematan energi, program daur ulang, dan pengelolaan sampah di toko dan distribution center.

Mengenai strategi ekspansi, DFI Nusantara menegaskan fokus utamanya saat ini adalah pada pengembangan dan pemantapan dua merek yang sudah ada, Guardian dan IKEA.

"Kami fokus saat ini kepada dua brand itu, untuk menetapkan posisi kami dari market share, dari sisi profitability ke depannya. Fokus ke dalam dua brand bukan berarti menutup sama sekali, tapi fokus kami saat ini hanya ke dua brand yang kami miliki," tutup Hadrianus Wahyu Trikusumo, menunjukkan strategi yang terukur dan berorientasi pada penguatan fondasi internal.

DFI Retail Nusantara optimistis menatap akhir tahun dengan harapan peningkatan kinerja, didorong oleh momentum belanja akhir tahun dan aktivitas yang sudah direncanakan, sekaligus mempersiapkan pertumbuhan yang lebih tinggi di tahun mendatang.

 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut