get app
inews
Aa Read Next : Terkait Kenaikan Harga BBM, Pemkot Depok Resmi Berlakukan Tarif Baru Angkot

Anthony Budiawan: Pemerintah yang Menyimpang dari Tujuan UUD Wajib Diganti

Minggu, 03 April 2022 | 20:48 WIB
header img
Managing director PEPS, Anthony Budiawan. Foto: Istimewa

DEPOK, iNewsDepok.id - Managing Director Political Economy & Policy Studies (PEPS) Anthony Budiawan mengatakan, pemerintah yang menyimpang dari tujuan UUD 1945 wajib diganti.

Anthony mengeluarkan pernyataan itu setelah media pada Jumat (1/4/2022), melaporkan kalau Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan kalau tak hanya Pertamax yang harganya dinaikkan, tapi juga harga Pertalite dan LPG 3kg.

"UUD: Pemerintah dibentuk oleh rakyat untuk memajukan kesejahteraan umum. Ketika menyimpang dr tujuan tersebut, rakyat bisa menggantinya. Kenaikan harga yang diluar kemampuan rakyat, di tengah kenaikan penerimaan negara jelas tidak sesuai tujuan; wajib diganti," katanya melalui akun Twitternya, @AnthonyBudiawan, seperti dikutip Minggu (3/4/2022).


Foto: tangkapan layar

Seperti diberitakan sebelumnya, ketika meninjau Depo LRT Jabodebek di Jatimulya, Bekasi Timur, Jumat (1/4/2022), Luhut memberitahu kalau bukan hanya Pertamax yang harganya dinaikkan, tapi juga Pertalite dan LPG 3Kg.

"Overall (secara keseluruhan) yang akan terjadi nanti, Pertamax, Pertalite (naik). Premium belum. Ya, semua akan naik. Nggak akan nggak ada yang naik itu," katanya.

Apa yang dikatakan Luhut ini membuat banyak kalangan meradang. Pasalnya, di saat perekonomian belum pulih akibat hantaman pandemi yang membuat banyak orang di-PHK, minyak goreng tiba-tiba langka, dan setelah pemerintah mencabut harga eceran minyak goreng kemasan, harga komoditi itu langsung melejit dari sekitar Rp14.000/liter menjadi Rp23.000/liter lebih.

Tak hanya itu, tarif jalan tol, seperti tarif tol umtuk ruas Cawang-Tomang-Pluit dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit, disusul tarif tol Cipali, juga dinaikkan.

Di sisi lain, harga kebutuhan juga naik sejak menjelang Ramadhan.

Kemarahan rakyat itu antara lain tercermin dari cuitan-cuitan netizen ini:

"Enak bener lagi sulit2nya setelah dikurung pandemi, langsung naik2in harga Gak ada otak bener pemerintah dari hasil gembok kardus," umpat @Achmadsauky.


Foto: tangkapan layar

"3 periode ditolak rakyat, ngamuk dg menaikkan BBM, dg naiknya harga BBM otomatis harga sembako dll akan ikut naik juga ... Rakyat MPP (mati pelan pelan)," kata @MasYudiSemut.


Foto: tangkapan layar

Alinea ke-4 pembukaan UUD 1945 menyatakan: "Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial ..."

 

 

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut