get app
inews
Aa Read Next : Rusia Larang Penjualan Minyak ke Negara yang Jatuhkan Sanksi, Mulai Berlaku Awal Februari 2023

Sektor Ini Diuntungkan dengan Kenaikan BBM, Apa Saja?

Rabu, 07 September 2022 | 01:03 WIB
header img
Sektor komoditas seperti batubara, minyak dan gas dinilai akan diuntungkan dengan kenaikan harga BBM. Foto: M Mahfud/iNewsDepok.

JAKARTA, iNewsDepok.id – Tidak semua sektor dirugikan dengan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Ada sejumlah sektor yang justru diuntungkan, apa saja?

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira seperti dilansir dari Sindonews menilai sektor yang diuntungkan dengan kenaikan BBM adalah komoditas, baik batubara, minyak dan gas. Naiknya harga BBM otomatis membuat harga komoditas baik batubara, minyak dan gas akan terkerek naik pula.

Dengan naiknya harga, otomatis keuntungan yang diraih bakal meningkat.

Selain sektor komoditas, sektor perbankkan keuangan juga diperkirakan mendapat sisi positif. 
 
"Sektor perbankan keuangan karena ketika BBM naik inflasi juga terdorong naik dan mempercepat kenaikan tingkat suku bunga acuan," jelas Bhima Yudhistira kepada MPI. 

Suku bunga acuan nantinya akan memengaruhi tingkat suku bunga pinjaman sehingga NIM atau net interest margin dari perbankan akan semakin tebal. 

"Perkiraannya, sektor keuangan diuntungkan juga," ujar Bhima.

Sektor Dirugikan Kenaikan BBM

Bhima Yudhistira menyatakan sejumlah sektor yang terbebani antara lain transportasi, pariwisata, ritel, industri, serta makanan dan minuman. 

"Sektor ini akan mengalami tekanan yang cukup besar dari melemahnya permintaan konsumen dan meningkatnya biaya operasional," terang Bhima.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut