get app
inews
Aa Text
Read Next : 5 Hewan Ini Ikut Misi Luar Angkasa,  No 4 Selamat Kembali ke Bumi meski lewat Fase Menegangkan 

30 Tahun di Bumi, Kini Oreo Indonesia Taklukkan Luar Angkasa

Sabtu, 12 April 2025 | 16:08 WIB
header img
Setelah dicintai Negeri sendiri, Oreo Indonesia kirim rasa ke Luar Angkasa. Foto: Ist

BANDUNG, iNews Depok.id – Jumat malam, 11 April 2025, Nimo Highland di Pangalengan, Bandung, Jawa Barat disulap menjadi ruang angkasa yang penuh keajaiban dalam acara OREO SPACE DUNK. Acara yang digelar dengan latar belakang pemandangan pegunungan yang memukau dan langit malam bertabur bintang ini sukses menghadirkan pengalaman tak terlupakan bagi para tamu undangan.

Kemeriahan acara semakin terasa dengan kehadiran jajaran BOD Mondelez Indonesia yang turut merayakan peluncuran varian OREO SPACE DUNK yang inovatif ini. Hadir memberi kata sambutan, Parveen Dalal selaku President Director Mondelez Indonesia dan Cheryl Thiang sebagai Oreo Regional Senior Brand Manager. Suasana hangat dan penuh antusiasme terpancar dari para pemimpin perusahaan yang berbaur dengan para tamu.

Pasangan selebriti, Nycta Gina dan Kinos, hadir bersama dua buah hati mereka yang menggemaskan. Keceriaan keluarga ini menambah semarak suasana, terutama saat mereka menikmati berbagai aktivitas seru yang disuguhkan.

Tak kalah mencuri perhatian adalah kehadiran Gading Marten dan putrinya, Gempita Nora Marten. Ayah dan anak ini terlihat menikmati momen kebersamaan sambil menjelajahi instalasi-instalasi bertema luar angkasa yang interaktif dan instagramable. Senyum ceria Gempita saat mencoba berbagai experience, juga menjadi pemandangan yang menggemaskan.

Kemeriahan OREO SPACE DUNK kali ini terasa semakin istimewa dengan kehadiran para influencer ternama, tidak hanya dari Indonesia, tetapi juga dari berbagai negara tetangga seperti Kamboja, Malaysia, Filipina, Thailand, dan lain sebagainya. Kehadiran para content creator internasional ini semakin menambah warna dan jangkauan acara, menunjukkan antusiasme global terhadap inovasi OREO. Mereka terlihat antusias mengabadikan setiap momen, berbagi pengalaman seru mereka melalui platform media sosial masing-masing, dan berinteraksi dengan para tamu lainnya.


Parveen Dalal, President Director Mondelez Indonesia. Foto: Ist

 

Sepanjang acara, para tamu dimanjakan dengan berbagai hidangan lezat dan tentunya, berbagai kreasi menarik berbahan OREO SPACE DUNK. Mulai dari dessert unik hingga minuman segar dengan sentuhan rasa OREO yang khas, semuanya memanjakan lidah para pengunjung.

Atraksi-atraksi menarik seperti pertunjukan musik yang enerjik, permainan interaktif bertema luar angkasa, dan kesempatan untuk berfoto dengan latar belakang instalasi yang futuristik, semakin menambah keseruan malam itu. Para tamu, termasuk para selebriti dan jajaran BOD Mondelez Indonesia, terlihat menikmati setiap momen yang disajikan.

OREO, biskuit ikonik yang digemari di seluruh dunia dan kebanggaan Indonesia kembali menghadirkan momen penuh keseruan serta keajaiban melalui produk terbarunya OREO SPACE DUNK sekaligus menciptakan momen bersejarah dengan menjadi biskuit pertama di dunia yang diluncurkan ke luar angkasa dan disiarkan secara langsung dari Indonesia.

Anggya Kumala selaku Direktur Pemasaran PT Mondelez Indonesia menyampaikan bahwa, “OREO tidak hanya mempersembahkan rasa biskuitnya yang ikonik, tetapi juga membuktikan bahwa inovasi dan keseruan yang dihadirkan OREO juga bisa membawamu ke ‘luar angkasa’.”

"Kontribusi Indonesia adalah salah satu yang terbesar di dunia untuk Oreo," ungkap Alfin Wirawan, Senior Brand Manager Mondelez Indonesia di acara peluncuran OREO SPACE DUNK pada Jumat malam, 11 April 2025 di Nimo Highland, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat.

Hal ini menegaskan betapa pentingnya pasar Indonesia bagi eksistensi global merek tersebut. Lebih dari itu, kehadiran pabrik Oreo di Cikarang turut memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar melalui penciptaan lapangan pekerjaan, yang mayoritas diisi oleh tenaga kerja lokal.

OREO yang saat ini dinikmati lebih dari 40 negara telah diproduksi sejak tahun 1994 di Cikarang, oleh PT Mondelez Indonesia Manufacturing. OREO telah menempuh perjalanan luar biasa dan menjadi biskuit kesayangan masyarakat Indonesia. 

Hadir selama 30 tahun dalam budaya lokal dan menjadi bagian dari Indonesia, pabrik OREO di Cikarang telah tumbuh menjadi pusat produksi strategis dunia. Didukung lebih dari 1.500 karyawan yang berdedikasi serta mitra lokal yang solid, OREO terus berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional sambil menjaga standar kualitas kelas dunia.

Oreo pun kembali menggemparkan Indonesia dengan meluncurkan kampanye inovatif bertajuk "Oreo Space Dunk". Peluncuran ini menimbulkan pertanyaan menarik, mengapa momen pasca Lebaran dipilih sebagai waktu perilisan, mengingat tingginya angka penjualan Oreo menjelang hari raya?

Menanggapi hal tersebut, Alfin menjelaskan bahwa selama bulan Ramadan, pihaknya telah meluncurkan produk edisi khusus, yaitu Oreo Neapolitan. "Karena Ramadan sudah berakhir dan kita sudah berganti kuartal, jadi saatnya kita meluncurkan kampanye Space Dunk ini di kuartal berikutnya," jelasnya. Langkah ini sekaligus menjadi bukti nyata komitmen Oreo untuk terus menghadirkan keseruan dan inovasi bagi konsumen Indonesia, baik melalui aktivasi maupun produk. Kampanye "Oreo Space Dunk" sendiri telah dimulai sejak 1 April 2025 dan akan berlangsung hingga Juni 2025.


Alfin Wirawan, Senior Brand Manager Mondelez Indonesia. Foto: Novi

 

Namun, yang paling menarik dari kampanye ini adalah bagaimana Oreo benar-benar "menerbangkan" produknya ke luar angkasa. "Dan memang kue dari Oreo ini kita ambil langsung dari pabrik kita di Cikarang Indonesia, kemudian kita bekerjasama dengan agensi yang namanya Sent into Space, itu asal UK atau British dan mereka yang membuat aircraftnya dan mereka meluncurkan itu ke Galaksi Bima Sakti," ungkap Alfin. Proses dari produksi hingga peluncuran ke galaksi memakan waktu kurang lebih satu minggu.

Lantas, mengapa Oreo memilih Sent into Space sebagai mitra kolaborasi yang terbilang unik ini? "Alasannya adalah, seperti yang kita ketahui kan, Oreo kan memang selalu menjadi menemani keluarga tercinta kita di Indonesia lah ya, dan memang sangat mengedepankan yang namanya keseruan, kebersamaan dan segala macamnya," jelas Alfin. Lebih lanjut, kampanye ini juga bertujuan untuk menginspirasi anak-anak Indonesia agar terus bermimpi tanpa batas, layaknya luasnya angkasa.

Sebagai bentuk nyata dari inspirasi tersebut, Oreo turut mengundang anak-anak dari SOS Children Village dan juga Ann Cammaro, seorang tokoh Indonesia di bidang luar angkasa yang mendunia. Keterlibatan Ann Cammaro diharapkan dapat semakin memotivasi generasi muda Indonesia untuk meraih cita-cita setinggi langit.

Sebagai bagian dari komitmen untuk menghidupkan imajinasi generasi muda Indonesia, OREO juga menghadirkan Ann Cammaro—Space Strategist asal Indonesia dan juga selaku penggagas Antarexxa—yang turut menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap kampanye ini.

Kampanye OREO Space Dunk berjalan seiring dengan semangat Antarexxa, sebuah gerakan edukatif yang mengajak anak-anak Indonesia untuk mengenal lebih dekat dunia astronomi dan eksplorasi luar angkasa. Melalui platform ini, generasi muda diajak menjelajahi tata surya, memahami teknologi antariksa, serta membangun keberanian untuk bermimpi besar dan mewujudkannya.

“Kehadiran Ann Cammaro dalam peluncuran ini menjadi simbol kekuatan mimpi dan potensi anak bangsa,” jelas Khrisma Fitriasari selaku Head of Corporate Communications Mondelez Indonesia. “Dengan menghadirkan figur inspiratif Indonesia yang terkenal dalam bidang luar angkasa, kami ingin menunjukkan bahwa mimpi besar bisa dimulai dari hal-hal sederhana—bahkan dari sepotong biskuit OREO. Kami percaya, anak-anak Indonesia pantas untuk bermimpi setinggi langit—dan kami ingin menjadi bagian dari perjalanan mereka,” ujar Khrisma.

Tidak hanya berhenti pada peluncuran ke luar angkasa, kampanye "Oreo Space Dunk" juga menghadirkan keseruan interaktif bagi konsumen. Pada kemasan khusus Oreo Space Dunk, terdapat barcode yang dapat dipindai untuk mengakses virtual engagement. Di dalamnya, terdapat gamification di mana konsumen dapat berpartisipasi dalam permainan "melempar" Oreo secara virtual ke Milky Way untuk mengumpulkan poin dan berkesempatan memenangkan berbagai hadiah menarik, mulai dari merchandise bertema luar angkasa hingga trip ke Jepang.

Keunikan lainnya terletak pada salah satu embossment pada biskuit Oreo, yaitu "Shooting Star" atau Bintang Jatuh. Embosmen ini hanya terdapat pada 1% dari total produksi dan akan memberikan poin maksimal saat dipindai dalam permainan virtual. Hal ini tentu menambah daya tarik dan excitement bagi para penggemar Oreo untuk berburu edisi spesial ini.

Kampanye "Oreo Space Dunk" yang akan berlangsung hingga akhir Juni 2025 ini semakin mempertegas posisi Oreo sebagai merek yang tidak hanya dicintai, tetapi juga terus berinovasi dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi konsumen setianya di Indonesia. 

“OREO selalu percaya bahwa imajinasi itu tanpa batas. Dengan meluncurkan biskuit ikonik ini ke luar angkasa, menjelajah ke tempat yang selama ini menjadi sumber inspirasi manusia, kami ingin menghadirkan cara baru dalam menikmati OREO. Melalui OREO Space Dunk, kami ingin menegaskan komitmen kami untuk terus membangkitkan rasa ingin tahu, mempererat kebersamaan, dan menciptakan momen istimewa bagi para penggemar,” ujar Lucas Levy, Direktur Pemasaran Regional Mondelez Asia Tenggara.


OREO Spaceburst Cream, varian edisi terbatas yang pertama kali hadir di Asia Tenggara. Foto: Ist

 

Tak hanya mencatat sejarah, OREO juga memperkenalkan OREO Spaceburst Cream, varian edisi terbatas yang pertama kali hadir di Asia Tenggara. Dengan sensasi dingin yang lembut di setiap gigitannya, kue ini membawa pengalaman unik seolah-olah sedang menikmati camilan di luar angkasa.

OREO Spaceburst Cream hadir dengan 5 desain embos bertema galaksi yang unik dan berbeda tingkat kelangkaannya—mulai dari Roket, Helm, Teleskop, Bintang, hingga yang paling langka, Bintang Jatuh. Siap membawa pecinta OREO ke petualangan rasa yang seru dan tak biasa.

OREO juga mengajak konsumen untuk mengikuti rangkaian aktivitas seru dari OREO SPACE DUNK secara langsung maupun digital, seperti Virtual Dunk ke Bima Sakti dimana penggemar OREO mendapatkan pengalaman mencelupkan OREO ke luar angkasa secara virtual sekaligus mengumpulkan poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah menarik hingga perjalanan bertema luar angkasa ke Jepang. 

Penggemar pun diajak berbagi keseruan mereka dengan tagar #OREOSpaceDunk dan #OREOMilkywayDunk di media sosial. 

”Yang OREO hadirkan kali ini melalui OREO SPACE DUNK bukan sekadar koleksi biskuit, tapi perjalanan rasa yang membawa OREO dari rak toko menuju pengalaman luar angkasa,” tutup Anggya.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut