get app
inews
Aa Read Next : Ambulans Pemkot Depok Jemput Korban Kecelakaan Bus Rombongan SMK Lingga Kencana

4 Astronaut Ini akan Mengintip Bulan dari Jarak Dekat Selama 1 Minggu

Jum'at, 07 April 2023 | 19:55 WIB
header img
Keempat kru NASA yang akan menjalankan misi Artemis 2. Foto : nasa.gov

JAKARTA, iNewsDepok.id - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah mengumumkan empat astronaut pada Senin, 3 April 2023 untuk melaksanakan misi Artemis 2 November 2024 mendatang.

Misi Artemis 2 akan membawa empat kru astronaut, yakni astronaut NASA Reid Wiseman, Victor Glover, Christina Koch, dan astronaut Kanada Jeremy Hansen. Keempat astronaut itu akan mengorbit ke sekeliling bulan sebelum menempatinya.

Apa itu Misi Artemis 2?

Misi Artemis 2 adalah program dari NASA yang akan mengirimkan manusia ke bulan untuk pertama kalinya setelah misi Apollo 50 tahun lalu. Misi Artemis 2 juga merupakan penyempurnaan dari misi  Artemis 1 yang memakai astronaut manekin dan berjalan dengan sukses juga.

Misi Artemis 2 hanya akan mengorbit di bulan tidak sampai mendaratkannya dikarenakan sederet teknologi belum memungkinkan dan NASA masih memerlukan data untuk bisa menginjakkan kaki di bulan, setelah misi Artemis 2 berhasil barulah misi Artemis 3 NASA akan mendaratkan manusia ke bulan.

Dalam misi ini menggunakan pesawat Orion dengan memanfaatkan medan gravitasi bumi-bulan yang mengakibatkan pesawat ini menjadi hemat bahan bakar.

Estimasi waktu yang diperlukan dalam perjalanan pulang pergi sekitar empat hari dan total misi ini diperkirakan berlangsung dalam 10 hari.

4 Astronaut dalam Misi Artemis 2

Keempat kru astronaut yang telah diumumkan di acara Ellington Field pada Senin, 3 April 2023 terdiri dari astronaut NASA Reid Wiseman, Victor Glover, Christina Koch, dan astronaut Kanada Jeremy Hansen.

Mengutip dari nasa.gov , ini merupakan perjalanan kedua kalinya Wiseman's ke luar angkasa yang sebelumnya menjadi insinyur penerbangan di The Internasional Station untuk ekspedisi 41 pada saat Mei sampai November 2014.

Tak hanya Wiseman's, Glover juga mendapatkan perjalanan ke luar angkasa untuk kedua kalinya yang sebelumnya menjadi pilot NASA SpaceX Crew 1.

Ini juga kali kedua Koch terbang ke luar angkasa dalam misi Artemis 2. Dia sebelumnya mengabdikan dirinya sebagai insinyur penerbangan di The Space Station untuk ekspedisi 59, 60, dan 61. Koch adalah satu-satunya astronot perempuan dengan total 328 hari melayang di luar angkasa.

Berbeda dengan ketiga kru lainnya, ini pertama kalinya bagi Hansen terbang ke luar angkasa. Hansen adalah seorang Kolonel di Angkatan Bersenjata Kanada dan juga seorang Pilot.

Hansen merupakan lulusan Bachelor of Science di bidang ilmu antariksa dari Royal Military College of Canada di Kingston, Ontario, dan Master of Science di bidang fisika dari institusi yang sama pada tahun 2000, dengan fokus penelitian pada Pelacakan Satelit Wide Field of View.

 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut