get app
inews
Aa Read Next : MotoGP Mandalika Akan Segera Digelar, Begini Persiapannya!

Lintasan Sirkuit Mandalika Disambar Petir

Minggu, 20 Maret 2022 | 19:53 WIB
header img
Petir menyambar sisi lintasan Sirkuit Mandalika yang tak jauh dari salah satu tikungannya. Foto: tangkapan layar dari video @MotoGP

LOMBOK, iNews.id Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, disambar petir menjelang MotoGP dimulai pada Minggu (20/3/2022) sore.

Hal itu diketahui dari video yang diposting di akun @MotoGP.

Dalam video itu terlihat sirkuit telihat diguyur hujan, dan kamera mengarah pada salah satu tikungan di sirkuit itu.

Kemudian terlihat api menyambar dari langit dan menghantam sisi sirkuit di dekat tikungan itu dengan disertai suara geledek yang menggelegar.

"Luckily the weather conditions cooled  off and allowed us to race (Untungnya kondisi cuaca mendingin dan memungkinkan kami untuk balapan)," katanya, Minggu (20/3/2022) pukul 16:53 WIB.

MotoGP sedianya digelar pukul 14:00 WITA atau pukul 15:00 WIB, namun hujan turun dengan deras, sehingga balapan motor kelas dunia itu ditunda, dan baru dimulai sekitar pukul 16:15 WITA.  

Di tengah guyuran hujan itu, publik digegerkan oleh aksi Rara Istiani Wulandari, seorang perempuan indigo yang menjadi pawang hujan di Sirkuit Mandalika.

Dalam ritualnya, perempuan asal Bali itu beraksi dengan memutar-mutarkan pengaduk pada mangkok emas, sembari merapal doa agar hujan berhenti. 

Rara diketahui sering diundang di berbagai acara kenegaraan dan acara penting lainnya. Ia diketahui pernah menjadi pawang hujan untuk acara Asian Games 2018 di Indonesia.

Karena keberhasilannya saat itu, Rara pun dipercaya kembali untuk mencegah hujan pada perhelatan MotoGP Mandalika 2022, dan ia diketahui telah berada di Sirkuit Mandalika sejak 3 Maret 2022, serta telah beberapa kali melakukan ritual di beberapa titik di sirkuit itu sejak 18 Maret 2022.

@MotoGP tidak menjelaskan apakah petir yang menyambar lintasan Sirkuit Mandalika terjadi sebelum atau setelah Rara melakukan ritualnya, namun fakta bahwa Sirkuit Mandalika disambar petir membuat ritual Rara itu menjadi cemoohan.

"What is the great world history presented by the President of Indonesia @jokowi at the 2022 MotoGP Mandalika? "Rain Shaman" (Seperti apa sejarah besar dunia yang dihadirkan Presiden Indonesia @jokowi di MotoGP Mandalika 2022? "Pawang Hujan")," kata @KotekaPastor.


Foto: tangkapan layar

Seperti diketahui, MotoGP saat ini telah selesai digelar dengan Miguel Oliveira sebagao pemenang, disusul Fabio Quartararo dan Johann Zarco di podium kedua dan ketiga.

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut