get app
inews
Aa Read Next : Gantikan Boy Rafli jadi Kepala BNPT, Rycko Amelza Perkuat Pendekatan Kemanusiaan

Cegah Terorisme di MotoGP Mandalika, Kepala BNPT Galang Koordinasi Keamanan

Minggu, 20 Maret 2022 | 00:21 WIB
header img
Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar tengah berdiskusi dengan Komandan Lapangan MotoGP Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto untuk koordinasi pengamanan MotoGP Mandalika untuk pencegahan ancaman terorisme, Sabtu (19/3/2022) Foto: Ist

LOMBOK, iNews.id – Kepala Badan Nasional Penanggulanan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar menggalang koordinasi keamanan untuk mencegah aksi terorisme di MotoGP Mandalika 2022. 

Untuk memastikan keamanan MotoGP Mandalika, Kepala BNPT turun langsung ke NTB dan sirkuit Mandalika. Ia melakukan koordinasi dengan pihak keamanan untuk daerah penyangga Pulau Lombok. 

“Peningkatan pengawasan menjadi titik fokus koordinasi keamanan guna meminimalir potensi gangguan dari ancaman teroris,” kata Boy Rafli di Mandalika, Sabtu (19/3/2022).

Menurut Boy Rafli, BNPT selama ini memang  aktif melakukan pencegahan terorisme di NTB. Sejumlah program sinergitas di NTB dikembangkan antara lain pembangunan Rumah Susun untuk para santri di pesantren. Sinergitas didukung kementerian lain seperti Kementerian PUPR.

Dalam kunjungan di Mandalika, Sabtu (19/3/2022), Boy Rafli  bertemu dengan Komandan Lapangan MotoGP Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto.

Dalam pertemuan tersebut Kepala BNPT didampingi oleh Deputi Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT Irjen Pol Ibnu Suhaendra, Direktur Penindakan Brigjen Pol Mochamad Rosidi, Direktur Bilateral Brigjen Pol Kris Erlangga AW, dan Kabag Hukum dan Humas Kombes Pol Astuti Idris.

Pertemuan menjadi bagian dari program BNPT untuk koordinasi pencegahan aksi terorisme untuk event MotoGP Mandalika. “Pencegahan aksi terorisme bisa maksimal dilakukan jika semua pihak bekerja sama,” tegas Boy Rafli.

Boy Rafli menandaskan MotoGP Mandalika memiliki arti penting bagi Indonesia khususnya pascapandemi Covid-19. Indonesia bisa bergeliat kembali ekonominya dari sektor pariwisata dengan adanya MotoGP.

“Dunia pariwisata lumpuh selama pandemi Covid-19. Dengan adanya MotoGP, kita optimis pariwisata di NTB dan daerah lain akan kembali bangkit sehingga perekonomian masyarakat akan membaik. Mata dunia sekarang tertuju pada Indonesia,” terang Boy Rafli.

Sementara itu Komandan Lapangan MotoGP Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto mengungkapkan pentingnya koordinasi dengan BNPT sebagai leading sektor penanggulangan terorisme.

"Kami bersepakat terus berkoordinasi, mengevaluasi dan menyelesaikan setiap tahap agar even tersebut berjalan dengan lancar dan aman,” kata Hadi Tjahjanto.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut