Laba Bersih 2024 Melonjak 134,5%, Begini Strategi dan Target BCA Digital di Tahun 2025

TANGERANG, iNews.id - Dalam rangka memeriahkan BCA Expoversary 2025 yang digelar 20-23 Februari di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, pada Jumat, 21 Februari 2025, BCA Digital mengadakan mini talkshow bertajuk "Ngobrol DUIT (Develop, Understand, Impact, Thrive)".
Dipandu oleh Head of Corporate Communications BCA Digital, Nariswari Yudianti, acara ini menjadi wadah untuk memaparkan kontribusi BCA Digital terhadap Grup BCA, serta upaya mereka dalam memberikan edukasi finansial untuk meningkatkan pertumbuhan pengguna blu by BCA Digital.
Acara yang digelar dengan konsep podcast ini menghadirkan dua orang narasumber yaitu Yoga T. Susilo, Head of Corporate Planning BCA Digital dan Ruli Himawan Nugroho, Head of Marketing & Communications BCA Digital.
Yoga T. Susilo mengungkapkan bahwa BCA Digital memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan Grup BCA secara keseluruhan. Hal ini tercermin dari lonjakan laba bersih BCA Digital sebesar 134,5% secara tahunan pada tahun 2024.
"BCA Digital, melalui platform perbankan digitalnya yakni blu by BCA Digital, terus memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan Grup BCA secara keseluruhan," ujar Yoga T. Susilo. "Pada tahun 2024, BCA Digital mencatatkan lonjakan laba bersih sebesar 134,5% secara tahunan, dari Rp46,0 miliar pada 2023 menjadi Rp108,0 miliar pada 2024," tambahnya.
Selain itu, peningkatan juga terjadi pada Total Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 30,7%, mencapai Rp11,7 triliun, serta penyaluran kredit yang meningkat 40,5%, mencapai Rp6,5 triliun. Jumlah nasabah blu juga tumbuh pesat, mencapai lebih dari 2,4 juta pengguna pada tahun 2024.
Inovasi dan Layanan Unggulan
Ruli Himawan Nugroho menjelaskan bahwa di tahun 2025 BCA Digital akan terus berupaya untuk menghadirkan unique selling point (USP) yang membedakan mereka dari kompetitor.
"Mulai dari bluSaving dimana nasabah bisa membuka hingga 20 sub rekening dalam satu akun utama, bluGether sebagai fitur tabungan bersama yang ideal untuk pengumpulan dana bersama, dan berbagai fitur lainnya," papar Ruli Himawan Nugroho.
Selain itu, kolaborasi dengan berbagai platform seperti Blibli, MRT Jakarta, CGV Cinemas, dan lainnya, memungkinkan nasabah mengakses layanan perbankan langsung dari aplikasi mitra.
Fitur bluAccount for Teens juga dihadirkan untuk memudahkan anak muda yang belum memiliki KTP untuk membuka rekening perbankan.
Edukasi Finansial dan Tanggung Jawab Sosial
BCA Digital juga akan terus menjalankan berbagai inisiatif untuk mewujudkan konsep keseimbangan melalui tiga pilar people, planet, dan prosperity.
Beberapa inisiatif tersebut antara lain; #bluBuatBaik x Rekosistem, BCA Digital Volunteer Program ‘bluForce #BuatBaik’, dan bluAcademy.
"Agenda #bluAcademy Teens Guide Into Finance (TGIF) baru saja digelar pada 30 Januari lalu secara hybrid dengan melibatkan 350 peserta dari wilayah Barat, Tengah, dan Timur Indonesia," jelas Ruli Himawan Nugroho.
Inisiatif tersebut berhasil meraih rekor MURI dengan kategori Layanan Digital Perbankan untuk Remaja dengan Saldo Rata-Rata Tertinggi.
Hal itu menunjukkan bahwa upaya edukasi yang dilakukan oleh BCA Digital, tidak hanya bermanfaat bagi para anak muda, tetapi juga berdampak positif terhadap pertumbuhan pengguna blu by BCA Digital.
BCA Digital terus menunjukkan komitmennya untuk memberikan layanan perbankan digital yang inovatif dan relevan bagi seluruh nasabah.
Melalui berbagai inisiatif dan inovasi, BCA Digital tidak hanya memperkuat posisinya dalam ekosistem Grup BCA, tetapi juga berperan penting dalam akselerasi pertumbuhan perbankan digital di Indonesia.
Editor : M Mahfud