get app
inews
Aa Read Next : Aksi Sosial JBB-Gevona, Ajak Puluhan Anak Penghuni Kolong Tol Penjaringan Belajar dan Bermain

Pelaku Over Alih Kredit Motor di Depok Divonis Pidana 10 Bulan  Penjara

Selasa, 22 Oktober 2024 | 13:49 WIB
header img
Ilustrasi penggelapan sepeda motor. Foto: MPI

DEPOK, iNewsDepok.id - Seorang oknum debitur FIFGROUP Cabang Depok III berinisial SS yang merupakan warga Sawangan, Depok, dijatuhi hukuman penjara 10 bulan dan denda sebesar Rp15 juta subsider pidana kurungan 3 bulan oleh Pengadilan Negeri (PN) Depok dengan nomor perkara 367/Pid.B/2024/PN Dpk.

Vonis terhadap pelaku dibacakan oleh PN Depok pada 16 Oktober 2024 yang lalu. Pelaku harus mempertanggungjawabkan perbuatannya atas penggelapan sebuah objek pembiayaan FIFGROUP Cabang Depok III yang menjadi jaminan fidusia berupa sebuah unit sepeda motor. 

Region Remedial Head FIFGROUP Wilayah Jawa Barat II (JABAR 2), Teddy, menuturkan bahwa segala itikad tidak baik konsumen yang melanggar ketentuan yang berlaku dapat diproses secara hukum.

Berdasarkan ketentuan dalam Pasal 36 Undang Undang Nomor 42 Tahun 1999, dilarang bagi debitur sebagai pemberi fidusia untuk mengalihkan, menggadaikan atau menyewakan tanpa ijin tertulis, maka bila hal itu terjadi akan dianggap sebagai tindak pidana yang dapat diancam dengan pidana penjara paling lama 2 tahun dan denda paling banyak Rp50 juta.

Hal ini berawal dari pengajuan kredit sepeda motor Honda Beat Sporty oleh SS di FIFGROUP Cabang Depok III pada tahun 2023. Di dalam proses pengajuan kredit sepeda motor tersebut, SS seolah-olah sebagai debitur meyakinkan petugas bahwa pengajuan kontrak kredit dilakukan untuk kebutuhan pribadi.

Namun, sejak awal, oknum debitur tersebut tidak melaksanakan kewajibannya hingga mengalami keterlambatan pembayaran angsuran sampai dengan 284 hari. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut