get app
inews
Aa Read Next : Beras Mahal tapi Petani Miskin, SPI Desak Kepala Bapanas Dievaluasi

MV3 Garuda Limousine, Mobil Buatan Pindad Yang Antar Prabowo ke Istana

Minggu, 20 Oktober 2024 | 21:21 WIB
header img
MV3 Garuda Limousin yang digunakan Prabowo Subianto saat dilantik menjadi Presiden RI. Foto: PT Pindad

"Garuda memiliki bobot 2,95 ton, dimensi panjang sekitar 5,05 m, lebar 2,06 m, tinggi 1,87 m serta desain long wheelbase yang nyaman dan lega. Kendaraan ini memiliki daya mesin 202 PS/199 HP, transmisi AT dengan 8 percepatan, dan memiliki kecepatan maksimum 100 Km/jam," kata Abraham.

Dengan portofolio produsen alpalhankam, Pindad menerapkan proteksi kendaraan sebagai prioritas utama dengan dibekali fitur keamanan seluruh area kendaraan meliputi bodi dengan material composite armor yang memiliki ketahanan terhadap amunisi kaliber 7,62 x 51mm & kaliber 5,56 x 45mm, kaca antipeluru level B5/B6. Kemudian mobil ini dilengkapi ban berukuran R21 dengan tipe Run Flat Tyre (RFT) yang bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan. 

"Dari sisi eksterior, MV3 Garuda Limousine dilengkapi automatic footstep di bagian samping kendaraan untuk memudahkan pijakan keluar masuk kendaraan," imbuhnya. 

"Logo Garuda melambangkan kekuatan dan gerak dinamis dengan kepak sayapnya yang mengembang menjadi simbol di berbagai bagian kendaraan, terpampang mulai dari bagian grill hingga velg kendaraan yang tetap terlihat meskipun roda kendaraan sedang bergerak," pungkas Abraham.

Usai pelantikan, Presiden dan Wakil Presiden RI menggunakan MV3 Garuda Limousine pada iring-iringan kendaraan untuk menyapa masyarakat di sepanjang perjalanan dari Gedung parlemen ke Istana Negara.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut