get app
inews
Aa Read Next : Hari Ini Dalam Sejarah: Tragedi Paiton, Kecelakaan Bus Yang Tewaskan Puluhan Siswa Asal Jogja

Hari Ini Dalam Sejarah: Usman dan Harun Pahlawan Indonesia Yang Gugur Digantung Pemerintah Singapura

Kamis, 17 Oktober 2024 | 05:50 WIB
header img
Sersan KKO Janatin alias Usman bin Haji Muhamad Ali (kiri), Harun bernama lengkap Kopral KKO Tohir alias Harun bin Said (kanan). Foto: dok. Okezone

Hingga akhirnya pada hari Kamis tanggal 17 Oktober 1968, tepatnya pukul 06.00 pagi, keduanya gugur setelah menjalani hukuman gantung di dalam penjara Changi, Singapura.

Jenazahnya kemudian dibawa ke Indonesia dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Pada hari yang sama di mana Usman dan Harun digantung untuk kejayaan bangsa ini.


Atas keberanian Usman dan Harun, Pemerintah Indonesia mengabadikan nama kedua pahlawan tersebut sebagai nama di salah satu Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), dengan nama KRI Usman Harun. Foto: dok. Puspen TNI 

Penetapan pahlawan dilakukan pada 17 Oktober 1968 oleh Presiden RI Soeharto, berdasarkan SK Presiden RI Nomor 050/TK/Tahun 1968.

Sebagai penghargaan atas jasa dan pengorbanan jiwa raganya pada bangsa dan negara, Pemerintah Indonesia menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Sakti dan keduanya diangkat sebagai Pahlawan Nasional, serta dinaikkan pangkatnya, yakni Usman menjadi Sersan Anumerta KKO dan Harun menjadi Kopral Anumerta KKO.

Pihak Singapura berpendapat Usman Harun merupakan tokoh yang ditangkap dan dihukum gantung oleh Pemerintah Singapura atas tuduhan melakukan pengeboman di sekitar MacDonald House di Orchard Road, Singapura pada 10 Maret 1965.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut