get app
inews
Aa Read Next : Ketua PWI Pusat Zulmansyah Jadi Pembicara di Pusat Teritorial TNI AD, Bahas Kebhinekaan dan Pilkada

Supian Suri Paparkan Rencana Besar untuk UMKM Depok Jika Terpilih Jadi Wali Kota

Rabu, 09 Oktober 2024 | 07:42 WIB
header img
Calon Wali Kota Depok, Supian Suri, menegaskan pentingnya peran pemerintah dalam mendukung UMKM untuk tumbuh dan berkembang. (Foto: iNews Depok/Rivalino)

DEPOK, iNews Depok. id - Calon Wali Kota Depok nomor urut 2, Supian Suri, menegaskan pentingnya peran pemerintah dalam mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk tumbuh dan berkembang. Menurutnya, UMKM tidak bisa dibiarkan berjalan sendiri tanpa dukungan dari pemerintah. 

"UMKM kita gak bisa dibiarkan jalan sendiri. Harus ditopang oleh pemerintah," kata Supian saat beraudensi dengan Asosiasi UMKM Depok di kediamannya, Cilodong, Depok, Selasa (8/10/2024).

Supian menilai, jika pemerintah hadir dan aktif memberikan dukungan, UMKM akan lebih mudah berkembang dan menciptakan lapangan kerja baru. "Dua, tiga orang UMKM bisa menciptakan lima orang untuk lapangan pekerjaan. Jika ada 100 UMKM, sudah bisa kita serap banyak tenaga kerja dari Depok," tambahnya.

Dalam pertemuan tersebut, Supian juga memaparkan program-program konkret yang akan dilakukan jika dirinya terpilih menjadi Wali Kota Depok. Salah satu fokus utamanya adalah memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM agar mampu meningkatkan kapasitas dan kualitas produk mereka. 

"Kita akan jalankan pelatihan-pelatihan untuk UMKM agar mereka lebih siap menghadapi pasar," ujar Supian.

Selain pelatihan, Supian juga berjanji akan memfasilitasi pemasaran produk UMKM melalui berbagai platform, baik secara offline maupun online. "Kita akan bantu pemasaran produk mereka, sehingga mereka bisa menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan omsetnya," tegasnya.

Supian menambahkan, pihaknya juga akan sering mengadakan berbagai event yang dapat menjadi wadah bagi UMKM untuk mempromosikan produk mereka. Event tersebut, lanjutnya, akan diselenggarakan di gedung pertunjukan yang direncanakan akan dibangun di Depok. 

"Kita akan punya gedung pertunjukan dan rutin mengadakan event-event, di mana semua UMKM bisa berjualan," ungkapnya.

Tidak hanya itu, Supian juga memiliki rencana untuk melibatkan UMKM dalam program wisata religi yang akan digelar secara gratis bagi ibu-ibu majelis taklim. "UMKM-UMKM nanti yang akan menyiapkan snacknya. Jadi, ini akan membuka peluang bagi mereka untuk mendapatkan pemasukan tambahan," jelasnya.

Dengan program-program tersebut, Supian yakin bahwa UMKM di Depok akan semakin maju dan mampu memberikan kontribusi besar bagi perekonomian kota. "Kita ingin UMKM menjadi motor penggerak ekonomi Depok, sekaligus menciptakan banyak lapangan pekerjaan," pungkasnya.

Supian berharap, dukungan dari berbagai pihak, termasuk pelaku UMKM, dapat mengantarkannya menjadi Wali Kota Depok agar program-program tersebut bisa direalisasikan. "Kita akan bangun kebersamaan dan kemitraan yang kuat agar Depok lebih sejahtera," pungkasnya.

Audensi dengan Asosiasi UMKM Depok ini menjadi salah satu langkah Supian untuk terus mendekatkan diri dengan berbagai elemen masyarakat guna mendengarkan aspirasi dan masukan yang akan ia bawa dalam program kerjanya nanti.

 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut